10 Makanan Paling Menjijikan Di Dunia Dengan Bentuk Yang Ekstrim

Mulai dari keju berisi belatung hingga telur itik yang didalamnya terdapat embrio yang hampir sempurna

Setelah diartikel sebelumnya Raffapedia memberikan info tentang berbagai macam menu sarapan unik dari seluruh dunia, kali ini Raffapedia akan membahas tentang makanan dari berbagai negara yang masuk dalam kategori makanan paling menjijikan di dunia.

Disebut menjijikan karena makanan tersebut terbuat dari bahan-bahan yang tidak umum bagi kita orang Indonesia, dari keju yang didalamnya terdapat belatung hidup hingga ulat pohon kelapa yang digoreng untuk dijadikan makanan. Untuk info lengkapnya, simak ulasannya dibawah ini.

1. Balut – Filipina

balut-filipina
steemit.com/@klborillo

Di daftar pertama makanan paling menjijikan versi Raffapedia ini ada balut. Makanan yang berasal dari Filipina ini merupakan telur itik yang didalamnya masih terdapat embrio utuh yang hampir sempurna bentuknya.

Untuk memakannya, balut terlebih dahulu direbus hingga matang. Selain terdapat di Filipina, balut juga dapat ditemukan dinegara Asia Tenggara lainnya seperti Kamboja dan Vietnam. Meskipun terlihat menjijikan, balut mengandung protein yang tinggi dan dipercaya sebagai penambah stamina.

Jika kamu tertarik untuk mencobanya, makanan yang satu ini bisa kamu temukan di pedagang kaki lima pada malam hari.

2. Casu marzu – Italia

casu marzu italia

Keju tradisional asal Sardinia ini dibuat dari keju pecorino yang terbuat susu domba, lantas apa yang membuatnya menjijikan ? ternyata dalam keju ini terdapat ribuan belatung yang berasal dari lalat piophila casei yang bertelur didalam keju tersebut ketika sedang dijemur dijemur.

Belatung-belatung tersebut kemudian memakan keju pecorino dan menghasilkan enzim yang mengakibatkan keju tersebut membusuk. Casu marzu harus dimakan ketika belatung masih hidup, jika tidak keju tersebut menjadi beracun dan berbahaya untuk dikonsumsi.

Dan sebagai info tambahan, casu marzu dilarang dijual di negara Uni Eropa dan hanya bisa ditemukan dipasar gelap di daerah Sardinia. Tertarik mencobanya ?

3. Duong dua – Vietnam

duong dua vietnam

Pernahkah kamu membayangkan jika ulat yang berasal dari pohon kelapa bisa dijadikan sebagai menu makan siang ? Nah, di negara Vietnam sana terdapat makanan yang terbuat dari ulat pohon kelapa yan bernama duong dua.

Penyajian duong dua ini bermacam macam, ada yang dijadikan sup maupun yang dipanggang diatas bara api. Meskipun terlihat menjijikan, namun duong dua ini memiliki rasa yang menyerupai daging asap dan mengandung protein yang cukup tinggi.

4. Surstromming – Swedia

surstroming-swedia

Surstroming merupakan makanan yang berasal dari negara Swedia. Makanan ini terbuat dari ikan herring baltik mentah yang kemudian difermetasikan dan dimasukan kedalam kemasan kaleng.

Hal yang membuatnya menjijikan adalah baunya yang sangat busuk. Bau busuk ini sendiri berasal dari gas hidrogen sulfida yang merupakan hasil dari respirasi anaerob selama proses fermentasi yang berlangsung hingga berbulan bulan.

Saking busuknya, surstroming mendapat predikat sebagai makanan paling busuk di dunia. Biasanya surstroming dihidangkan bersamaan dengan tunnbord (sejenis roti ) dicampur dengan kentang dan juga bawang.

Jika kamu ingin mencoba memakannya, sebaiknya dilakukan diluar ruangan untuk menghindari bau busuk yang menyengat.

5. Huitlacoche – Meksiko

huitlacoche-meksiko

Huitlacoche ini terbuat dari jamur jenis Ustilago maydis yang tumbuh pada jagung jenis Zea mays yang ditanam pada daerah Meksiko yang hangat dengan tingkat kekeringan sedang.

Jika pada umumnya penyakit tanaman pada jagung bisa menimbulkan kerugian, namun tidak untuk huitlacoche, karena penyakit tanaman pada jagung yang satu ini jika diolah menjadi bahan makanan bisa menghasilkan keuntungan.

Meskipun terlihat menjijikan, namun huitlacoche memiliki rasa yang manis serta beraroma seperti vanilla dan jika sudah dimasak dan disajikan bersama dengan quesadilla maka akan memiliki rasa yang enak.

Selain memiliki rasa yang nikmat, huitlacoche juga kaya akan protein, lisin dan asam amino esensial

6. Tiet Canh (sup darah mentah) – Vietnam

tiet-canh-vietnam

Salah satu makanan tradisional negara Vietnam ini berbentuk sup darah mentah yang berasal dari hewan bebek, angsa hingga babi, dan yang membuatnya menjijikan tentu saja bahan utamanya yang terbuat dari darah segar hewan.

Untuk membuat seporsi Tiet Canh, sebelumnya darah segar harus dicampur dahulu dengan garam ataupun saus ikan yang encer guna mencegah darah menjadi beku, kemudian ditambahkan daging panggang ataupun goreng diatasnya dan juga daun mint diatasnya.

Biasanya Tiet Canh disajikan pada saat acara pernikahan dan juga tahun baru Imlek. Menurut masyarakat setempat, Tiet Canh memiliki khasiat mengatur panas tubuh dan juga mencegah anemia.

7. Thit Chuot (tikus panggang) – Vietnam

Thit-Chuot-vietnam
chobatdongsan.com.vn

Mungkin makanan yang satu ini tergolong jenis makanan yang ekstrim karena bahan utamanya terbuat dari tikus utuh, ya tikus utuh !!! Thit Chuot yang dalam bahasa Indonesia berarti daging tikus adalah salah satu makanan yang berasal dari negara Vietnam dan Thailand.

Biasanya tikus yang digunakan adalah tikus sawah yang bersih dan bukan tikus got. Sebelum disajikan, bagian tungkai, ekor dan usus dibuang terlebih dahulu kemudian dipanggang diatas bara api dengan ditambah bumbu kecap dan cabai.

Menurut orang orang yang sudah mencicipinya, daging tikus panggang ini memiliki daging yang putih dan rasa yang mirip dengan daging ayam. Tertarik untuk mencobanya ?

8. Tarantula Goreng – Kamboja

tarantula-goreng-kamboja
nickspics.net

Jika melihat seekor tarantula saja sudah membuat kamu takut apalagi jika harus memakannya. Namun di kamboja sana, tepatnya di kota Skuon, tidak aneh jika kamu menemukan pedagang kaki lima yang menjajakan tarantula goreng sebagai makanan ringan.

Tarantula goreng ini dijual dengan harga 2 ribu rupiah per buahnya dan cara penyajian tarantula goreng ini dengan ditambahkan berbagai macam bumbu seperti msg, gula, garam dan bawang putih.

Meskipun terlihat sangat ekstrim dan menjijikan, namun nyatanya tarantula goreng ini banyak digermari terutama oleh turis mancanegara. Bagi kamu yang ingin mencobanya, jangan khawatir karena tarantula ini masuk dalam kategori yang bisa dimakan.

9. Black Pudding – Inggris dan Irlandia

black-pudding-inggris
greatbritishchefs.com

Jangan mengharapkan rasa yang manis serta tekstur yang lembut seperti agar-agar, black pudding bukanlah seperti pudding yang kamu kenal pada umumnya, melainkan makanan yang berasal dari Inggris dan Irlandia yang biasanya terbuat dari darah babi, lemak babi, dan oatmeal.

Black pudding sendiri memiliki protein, zinc dan zat besi yang tinggi dengan nilai kalori mencapai 305kcal dan 22 gram lemak per 100 gram penyajian.

Cara membuatnya yaitu dengan cara mencampur darah,lemak hewan, oatmeal serta beberapa bumbu ke pembungkus yang terbuat dari usus sapi taupun kulit selulosa sintesis, setelah terbungkus barulah kemudian direbus maupun digoreng hingga matang.

10. Haggis – Skotlandia

haggis-skotlandia
bbcgoodfood.com

Di daftar yang ke 10 ini terdapat Haggis yang berasal dari Skotlandia. Haggis merupakan makanan yang terbuat dari jeroan domba seperti hati dan paru-paru. Jeroan domba yang sudah dibersihkan kemudian dicampur dengan oatmeal, bawang dan bumbu lalu dibungkus.

Haggis biasanya disajikan bersama kentang dan lobak tumbuk dan memiliki bentuk seperti sosis yang remuk dengan tektur yang kasar dan rasa yang sedikit pedas. Metode memasaknya sendiri dengan menggunakan microwave hingga matang.

Meski terlihat menjijikan namun ada beberapa makanan yang memiliki rasa yang enak dan membuat penasaran untuk mencicipinya.