10 Festival Unik Dan Menarik Di Dunia Yang Salah Satunya Berasal Dari Indonesia

Mulai dari perang tomat di Spanyol hingga menerbangkan lentera di Thailand

Festival merupakan sebuah acara yang diadakan dalam rangka memperingati sesuatu. Setiap negara di dunia ini memiliki berbagai macam jenis festival yang berbeda, mulai dari festival unik perang tomat di Spanyol, karnaval fashion di Jember Indonesia, festival balon udara di New Meksiko hingga festival orang mati di Meksiko.

Keunikan suatu festival bisa dinilai dari cara merayakannya, jumlah orang yg terlibat di dalamnya, kostum yang digunakan  maupun sejarah dari festival itu sendiri.

Lalu festival apa saja yang masuk dalam daftar 10 Festival Unik Dan Menarik Di Dunia versi Raffapedia ini ? berikut raffapedia.com berikan informasinya buat kamu.

1. Yi Peng – Thailand

festival unik yi peng
bergerpaints.com

Festival yi peng atau yee peng memiliki arti “yi” yang berarti dua dan “peng yang berarti penuh hari bulan. Yang membuat festival yi peng ini unik karena diselenggarakan pada bulan purnama ke 12 tiap tahunnya atau yang biasa jatuh pada pertengahan bulan November menurut kalender bulan Thailand.

Festival yi peng masuk kedalam salah satu festival paling indah yang ada di dunia, karena dalam festival ini masyarakat lokal maupun wisatawan menerbangkan ratusan hingga ribuan lentera atau khom loy ke atas langit yang akan menbuat pemandangan malam di kota Chiang mai seperti disinari ribuan bintang.

2. La Tomatina – Spanyol

festival unik la tomatina
liputan6.com

La tomatina festival atau festival tomat merupakan salah satu festival yang diselenggarakan dikota Bunol Spanyol pada hari Rabu terakhir di bulan Agustus tiap tahunnya. Yang menjadikan festival la tomatina ini unik tentu saja perang tomat antar puluhan ribu pengunjung yang terlibat dalam festival “perang tomat” yang digelar ditengah-tengah kota ini.

Saking banyaknya pihak yang terlibat dalam festival ini sampai-sampai membuat festival la tomatina ini dinobatkan sebbagai festival perang makanan terbesar di dunia. Sekitar pukul 11 siang ketika truk pembawa tomat datang dan disambut tembakan water cannon sebagai tanda dimulainya festival perang tomat ini.

Festival ini berlangsung selama 1 jam hingga tidak ada lagi tomat yang bisa dilempar, dan setelau selesai pihak panitia setempat menembakan air yang berasal dari pemadam kebakaran untuk membersihkan sisa-sisa tomat yg berserakan.

Selama festival la tomatina ini berlangsung terdapat beberapa aturan, diantaranya pengunjung dilarang membawa botol ataupun benda padat lainnya yang dapat melukai orang lain, dilarang melucuti pakaian orang lain, tomat yang ingin dilempar harusnya diremas dahulu, dan lainnya.

3. Jember Fashion Carnaval – Indonesia

festival jember fashion carnaval

Jember Fashion Carnaval atau yang disingkat JFC merupakan salah satu festival unik yang berasal dari Jember Indonesia . Jember Fashion Carnaval ini diadakan setahun sekali dan digagas oleh Dynand Fariz yang sekaligus pendiri JFC Center.

Ide festival ini sendiri berawal dari banyaknya grup reog ponorogo yang memadati jalan raya pada saat arak-arakan HUT kota Jember, yang kemudian terciptalah ide untuk membuat sebuah parade dengan mengenakan berbagai macam kostum yang unik dan menarik.

Sebanyak ribuan peserta turut memeriahkan festival ini ini dengan menampilkan berbagai macam desain kostum yang memwakili berbagai macam daerah serta adat dan budaya yang ada di Indonesia. Pengunjung yang datang juga tidak hanya berasal dari warga lokal, namun juga dari berbagai wilayah Indonesia dan juga mancanegara yang jumlahnya mencapai ratusan ribu pengunjung.

Dan yang menariknya, festival Jember Fashion Carnaval menampilkan tema yang berbeda tiap tahunnya agar festival ini lebih menarik dan dapat menyedot pengunjung lebih banyak lagi.

4. Albuquerque International Balloon Fiesta – New Meksiko

festival unik dan menarik Albuquerque International Balloon Fiesta

 

Festival Albuquerque International Balloon Fiesta merupakan sebuah festival balon udara tahunan yang diselenggarakan di kota Albuquerque New Meksiko. Biasanya festival unik dan seru ini diadakan pada bulan Oktober ketika cuaca sedang cerah.

Pada tahun 2018 ini, Festival Albuquerque International Balloon Fiesta akan diadakan pada tanggal 6 sampai 14 Oktober dan bertempat di balloon fiesta park. Festival balon udara unik yang sudah berlangsung ke 47 kalinya ini, di tahun 2018 ini mengusung tema “Carry Me Away”. Dalam festival yang sudah berlangsung sejak tahun 1972 tersebut tak kurang dari 500 balon udara ikut berpartisipasi meramaikan jalannya festival.

Dalam Albuquerque International Balloon Fiesta festival ini juga ada diadakan kompetisi menerbangkan balon udara yang diikuti oleh peserta dari berbagai negara. Selain balon udara, dalam festival tersebut juga turut dimeriahkan oleh festival musik yang akan berlangsung seharian penuh.

5. Holi – India

festival holi
andbeyond.com

Holi merupakan salah satu festival unik yang berasal dari negara India. Festival ini dianggap sebagai salah satu festival yang paling dihormati bukan hanya di negara asalnya, tetapi juga di negara lainnya diseluruh dunia.

Festival holi ini kadang disebut juga sebagai festival cinta karena pada hari itu, orang-orang melupakan semua kebencian terhadap sesama. Menurut sejarah, festival holi ini sebagai bentuk perayaan kemenangan kebaikan melawan kejahatan.

Festival holi ini juga sering disebut dengan festival warna. Salah satu hal yang menjadikan festival holi ini unik adalah saling melempar tepung berwarna, baik dengan teman maupun keluarga. Festival unik dan menarik ini diselenggarakan selama sehari semalam yang dimulai pada malam purnama di bulan Falgun.

6. The International Highline Meeting – Italia

festival unik The International Highline Meeting
wahlhuetter.net

Untuk kamu yang takut dengan ketinggian, festival The International Highline Meeting bisa menjadi mimpi buruk dimalam hari, karena festival ekstrim ini dirayakan bukan dipermukaan tanah, melainkan ratusan meter diatas permukaan tanah.

Festival yang digemari oleh para pecinta ketinggian ini dilaksanakan di Monte Piana Italia, dengan ketinggian 2350mdpl. Monte Piana ini biasa digunakan sebagai tempat pertemuan highline tahunan sejak tahun 2012.

Dalam festival The International Highline Meeting ini, kamu akan merasakan sensasi tidur bergelantungan dengan hammock diantara bebukitan. Dengan total 17 buah hammock yang merupakan sebuah simbol perdamaian dan penghormatan kepada tentara yang gugur pada perang dunia pertama.

Ide perayaan festival ini lahir ketika perayaan The International Highline Meeting yang pertama pada tahun 2012 dan dipelopori oleh Armin Holzer, Alex D’emilia dan Igor Skotlandia yang kemudian berlanjut hingga saat ini.

7. Dia De Muertos – Meksiko

festival unik Dia De Los Muertos
rob-sheridan.com

Festival Dia de Muertos atau yang dikenal dengan festival day of the dead, merupakan sebuah festival unik dan menyeramkan yang dirayakan di Meksiko sekitar tanggal 31 Oktober dan 2 November setiap tahunnya.

Festival yang berlangsung selama 2 hari ini mengusung tema kematian, ya Dia De Los Muertos merupakan festival untuk mengenang dan menunjukkan cinta serta rasa hormat kepada keluarga yang telah meninggal.

Hal yang membuat festival Dia De Los Muertos ini unik dan meriah adalah adanya parade dengan menggunakan kostum yang berdesain seperti tengkorak.

Perlu kamu ketahui juga bahwa festival Dia De Los Muertos ini dimasukan oleh UNESCO sebagai warisan budaya, yang didalamnya termasuk budaya dan tradisi yang diwariskan secara turun temurun.

8.Sapporo Snow Festival  – Jepang

festival unik sapporo

Sapporo Snow Festival merupakan festival musim dingin terbesar dan terpopuler di Jepang yang diselenggarakan di kota Sapporo. Festival yang unik dan megah ini diselenggarakan setiap bulan Febuari dan berlangsung selama seminggu.

Festival salju Sapporo sendiri pertama digelar pada tahun 1950 ketika murid-murid sekolah menengah setempat membuat beberapa patung yang terbuat dari salju di taman Odori Jepang.

Dalam festival salju Sapporo ini, terdapat banyak patung salju yang dipamerkan dengan berbagai macam ukuran, mulai dari yang terkecil hingga yang memiliki tinggi 15 meter dan lebar 25 meter.

Untuk kamu yang ingin berkunjung, festival ini berlangsung hingga pukul 10 malam waktu setempat.

9. Tomorrowland – Belgia

festival edm tomorrowland

Tomorrowland festival merupakan festival musik EDM terbesar dan termegah di dunia yang diselenggarakan di Boom Belgia. Festival musik edm tommorowland ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2005 yang berlanjut hingga saat ini.

Di tahun 2018 ini, jumlah pengunjung yang memadati tomorrowland festival ini mencapai 400 ribu orang yang berasal dari seluruh negara di dunia, jumlah ini mengalami kenaikan lebih dari 100 persen dibandingkan jumlah pengunjung ditahun 2016 yang berjumlah 160 ribu orang.

Jumlah pengunjung yang banyak ini tidaklah aneh karena tomorrowland festival ini diisi dengan Dj-Dj kelas dunia seperti Armin van Buuren, Avicii, Tiesto dan lain-lain.

10. Karnaval Rio – Brazil

festival unik carnaval rio

Festival Rio Carnaval merupakan karnaval terbesar di dunia karena disaksikan hingga 2 juta orang perharinya. Festival megah ini diselenggarakan di Sambadrome, Rio De Janeiro Brazil setiap tahunnya. Biasanya karnaval ini diadakan antara jumat sore dan pada saat rabu abu yang menandai awal prapaskah.

Rio carnaval Festival ini dimeriahkan oleh parade mobil hias serta pawai dengan mengenakan berbagai macam variasi kostum yang unik dan menarik. Selain karnaval, festival ini juga diisi dengan tarian samba dan musik selama 6 hari.

Dengan adanya Rio Carnaval Festival ini, banyak menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara untuk datang dan menyaksikan jalannya festival, dan bagi pemerintah Brazil sendiri hal ini menambah pemasukan negara dari sektor pariwisata.