On
6 July 2021

10 Jenis Sapi Ternak Terbesar di Dunia

Oleh Eka

1. Chianina

Chianina adalah jenis sapi terbesar di dunia yang berasal dari wilayah Valdichiana, Italia. Sapi ternak ini bisa memiliki berat hingga 1,7 ton dan tingginya mencapai 2 meter.

Sapi Chiania jantan dewasa memiliki berat tubuh rata-rata 1,5 hingga 1,7 ton dengan tinggi 1,6 hingga 1,7 meter sedangkan yang betina memiliki berat tubuh rata-rata 800 kg hingga 1 ton dengan tinggi 1,55 hingga 1,65 meter.

Selain dikenal sebagai sapi yang memiliki bobot tubuh paling berat dibandingkan dengan jenis sapi lainnya, Chianina juga dikenal sebagai salah satu ras sapi tertua yang ada di dunia

Biasanya sapi Chianina dijadikan sebagai jenis sapi potong (pedaging) dan jarang dijadikan sebagai jenis sapi perah karena susu yang dihasilkan oleh sapi ini tergolong sedikit jumlahnya.

Salah satu makanan khas Italia yang terkenal bistecca alla fiorentina dibuat dengan menggunakan daging sapi Chicanina ini.

Baca juga : 10 Hewan terbesar di Dunia

2. South Devon

cornwalllive.com

Dikenal juga sebagai “”raksasa yang lebut”, South Devon adalah jenis sapi lokal Inggris terbesar yang berasal dari wilayah Barat Daya Inggris.

Sapi South Devon ini diyakini berasal dari jenis sapi merah besar Normandia yang diimpor selama invasi Norman ke Inggris.

Sebagai jenis sapi potong, Sapi South Devon jantan dewasa bisa memiliki berat sekitar 1,2 hingga 1,6 ton dengan tinggi 1,6 meter. Rekor bobot tubuh terberat sapi South Devon yang pernah tercatat dalam sejarah adalah 2 ton.

3. Maine Anjou

maine-anjou.de

Maine Anjou adalah jenis sapi domestik Prancis yang berasal dari wilayah Pays de la Loire di barat laut Prancis. Salah satu sapi terbesar di dunia ini merupakan hasil persilangan dari sapi jenis Mancelle lokal dengan sapi stok Durham Inggris.

Jika sudah dewasa, sapi Maine Anjou jantan bisa memiliki berat tubuh hingga 1,5 ton dengan tinggi mencapai 1,6 meter.

Awalnya sapi Maine Anjou banyak digunakan sebagai sapi perah dan sapi potong, tapi sejak tahun 1970 an, sapi ini lebih difokuskan sebagai sapi potong (pedaging).

4. Glan Cattle

Sapi Glan adalah sapi hasil dari persilangan antara sapi Simmental dengan sapi Berne Mountain. Ide persilangan ini digagas oleh Duke Christian IV yang mengingingkan peningkatan kualitas sapi lokal yang ada di wilayahnya.

Sapi glen jantan dewasa umumnya memiliki berat 1,2 ton dengan tinggi 1,45 meter. Meskipun awalnya sapi ini adalah jenis sapi potong dan perah namun saat ini lebih banyak dijadikan sebagai jenis sapi potong.

5. German Angus

wikipedia.org

German Angus adalah sapi potong terbesar asal Jerman yang merupakan hasil persilangan antara sapi jenis Aberdeen Angus dengan beberapa sapi lokal lainnya seperti German Black Pied, Deutsche Rotbunte, dan Fleckvieh.

Sebagai sapi potong terbesar, German Angus jantan dewasa bisa memiliki bobot tubuh hingga 2 ton beratnya sedangkan tingginya bisa mencapai 1,5 meter.

6. Montbeliarde

Berikutanya ada sapi Montbeliarde yang berasal dari wilayah Bourgogne Franche Comte, Prancis timur. Awal mula sapi ini dinamakan Montbeliarde adalah pada saat peternak bernama Joseph Graber memamerkan sekelompok ternak di kompetisi pertanian Langres pada tahun 1872.

Montbeliarde tergolong kedalam jenis sapi perah. Satu ekor sapi Montbeliarde betina dewasa mampu menghasilkan hingga 7.400 liter susu dalam setahun.

Untuk beratnya sendiri, sapi Montbeliarde ini memiliki berat hingga 1,2 ton dengan tinggi mencapai 1,54 meter.

7. Parthenais

Parthenais adalah jenis ras sapi potong tertua yang ada di Prancis. Sapi ini berasal dari wilayah barat Prancis yang bernama Nouvelle Aquitaine region.

Selain sebagai sapi potong, sapi Parthenais juga digunakan sebagai sapi perah. Berat sapi Parthenais dewasa dapat mencapai 1,15 ton dengan tingginya mencapai 1,45 meter.

8. Limousin

limousin.co.uk

Jenis sapi terbesar yang satu ini sering kita lihat di Indonesia pada saat perayaan hari raya Idul Adha sebagai hewan kurban. Presiden RI Joko Widodo menjadi salah satu orang yang pernah berkurban menggunakan jenis sapi Limousin ini.

Sapi Limousin pertama kali dikembangkan di wilayah Limousin en Marche Prancis sebagai sapi potong. Jika dibandingkan dengan jenis sapi Simmental, sapi Limousin memiliki tubuh yang lebih berotot.

Untuk beratnya, sapi Limousin dewasa dapat memiliki berat tubuh hingga 1,1 ton.

9. Bazadaise

Diperingkat ke 9 dalam daftar jenis sapi terbesar ini ditempati oleh sapi Bazadaise yang berasal dari wilayah Bordeaux, Prancis. Nama sapi ini berasal dari nama sebuah kota yang ada di daerah Gironde yaitu Bazas.

Sapi Bazadaise awalnya digunakan untuk pekerjaan pertanian di kebun anggur Bordeaux, namun saat ini lebih banyak dijadikan sebagai sapi potong. Jika sudah dewasa berat sapi ini bisa mencapai 1,1 ton.

10. Charolais

rennertranch.com/

Jenis sapi terbesar di urutan ke 10 ini ditempati oleh sapi Charolais yang merupakan jenis sapi potong paling populer tidak hanya di Prancis, melinkan di seluruh dunia. Ketika sudah dewasa berat sapi Charolais jantan bisa mencapai 1,1 ton.

Diperkirakan populasi sapi jenis Charolais ini berjumlah 1,8 juta ekor di negara asalnya Prancis. Jumlah ini setara dengan setengah jumlah populasi jenis sapi lainnya yang ada di Prancis dan seperempat populasi sapi di Eropa.