On
5 July 2021

Keju Pule : Keju Paling Mahal di Dunia Yang Terbuat Dari Susu Keledai

Oleh Eka

Keju pule adalah keju paling mahal di dunia yang terbuat dari 60% susu keledai Balkan dan 40% susu kambing. Saat ini hanya ada satu produsen keju yang memproduksi keju pule ini yaitu peternakan Keledai Zasavica yang berlokasi di Serbia. Proses pembuatan keju ini bisa dibilang paling rumit jika dibandingkan dengan keju lainnya. Untuk menghasilkan 1 kilogram keju pule dibutuhkan 24 liter susu keledai. Soal harganya sendiri, 1 pound (0,45 kilogram) keju paling langka didunia ini dijual dengan harga 8,6 juta rupiah.

Keju pule termasuk kedalam jenis keju yang tidak melalui proses pasteurisasi terlebih dahulu. Keju ini memiliki tekstur yang rapuh (crumbly) dan lembut, memiliki warna putih susu, serta kaya akan rasa.

Proses Pembuatan Keju Pule

Proses produksi keju pule membutuhkan waktu selama beberapa bulan. Prosesnya dimulai dengan pengambilan susu keledai yang dilakukan secara manual tanpa bantuan mesin pemerah susu.

Proses selanjutnya adalah menambahkan susu kambing dengan perbandingan 60% susu keledai dan 40% susu kambing. Setelah tercampur lalu ditambahkan dengan zat adiktif dan bakteri khusus.

Setelah proses pencampuran selesai, keju dipindahkan kedalam cetakan dengan berat 50 gram untuk didiamkan selama beberapa hari. Setelah itu, keju dikeluarkan dari cetakan untuk kemudian dipindahkan ketempat penyimpanan lainnya selama beberapa bulan.

Ketika keju pule sudah matang, maka akan memiliki warna putih susu dengan tekstur keju yang rapuh dan lembut serta kaya akan rasa.

Dalam setahun, produsen keju Zasavica hanya mampu memproduksi keju pule sebanyak 50 hingga 70 kilogram.

Kenapa Keju Pule Bisa Sangat Mahal ?

Sulitnya proses pembuatan keju pule mengakibatkan harga keju ini bisa sangat mahal. Untuk mengasilkan 1 kilogram keju pule saja dibutuhkan 24 liter susu keledai, dan untuk mendapatkan 24 liter susu dibutuhkan 7 ekor keledai karena satu ekor keledai hanya mampu memproduksi 3,7 liter susu setiap harinya.

Kesulitan lainnya adalah tidak semua keledai betina menghasilkan susu. Hanya keledai betina yang mempunyai anak saja yang bisa menghasilkan susu. Setiap keledai hanya menghasilkan susu selama 6 bulan. Jika sudah habis, maka peternak harus menunggu selama 1 tahun lagi untuk memerah susu dari keledai yang sama.