8 Bongkahan Emas Terbesar di Dunia Yang Pernah Ditemukan Oleh Manusia

Dengan berat 78 kilogram dan panjang 31 cm, Welcome Stranger adalah bongkahan emas terbesar di dunia yang pernah ditemukan oleh manusia.

Bagi sebagian orang menemukan bongkahan emas hanyalah mimpi belaka, apalagi yang berukuran besar. Namun nyatanya, hal ini pernah terjadi beberapa kali, terutama di wilayah Australia yang terkenal dengan jumlah emasnya yang berlimpah.

1. Welcome Stranger – 78 kg

bongkahan emas terbesar di dunia - welcome stranger
collections.museumsvictoria.com.au

Welcome Stranger adalah nama bongkahan emas terbesar yang ditemukan pada tahun 1869 oleh John Deason dan Richard Oates. Bongkahan emas yang ditemukan di kota Moliagul Australia ini memiliki berat 78 kilogram dan panjang 31 cm.

Saat pertama kali ditemukan, bongkahan emas Welcome Stranger ini hanya berjarak 3 cm dari atas permukaan tanah. Setelah ditemukan, bongkahan emas ini dipecah menjadi 3 bagian oleh pandai besi bernama Archibald Walls.

Oleh penemunya bongkahan emas ini kemudian dijual seharga 9.381 pound sterling kepada London Chartered Bank of Australia yang ada di Dunolly pada tahun . Jika dikonversikan dengan nilai mata uang pound sterling saat ini maka bongkahan emas itu bernilai sekitar 2,3 juta pound sterling.

Meskipun saat ini Welcome Stranger yang asli sudah tidak hanya, namun replikanya masih bisa dilihat di Dunolly Rural Transaction Center, Australia.

Baca juga : 10 Hewan Terbesar di Dunia

2. Welcome Nugget – 69 kg

bongkahan emas terbesar di dunia - Welcome Nugget
collection.maas.museum

Bongkahan emas terbesar ke 2 di dunia yang pernah ditemukan manusia adalah Welcome Nugget. Pada saat ditemukan pertama kali oleh perusahaan tambang Red Hill di tahun 1858, bongkahan emas ini memiliki berat sekitar 69 kilogram.

Welcome Nugget ditemukan disebuah terowongan tambang dengan kedalaman 55 meter. Bongkahan emas ini memiliki permukaan yang kasar dengan ukuran panjang 49 cm, lebar 15 cm dan tinggi 15 cm.

Setelah ditemukan, bongkahan emas ini lalu dijual dengan harga 10.500 pound sterling pada saat itu. Sayangnya, pada tahun 1859 Welcome Nugget dilebur di kota london Inggris.

Beberapa replika dari Welcome Nugget dibuat dan dipajang untuk umum di beberapa tempat, salah satunya adalah museum Victoria yang terletak di Melbourne Australia.

3. Pepita Canaa – 60,8 kg

Pepita Canaa
r7.com

Salah satu bongkahan emas terbesar yang masih ada hingga saat ini adalah Pepita Canaa. Bongkahan emas seberat 60,8 kg ini ditemukan pada tahun 1983 di tambang Serra Pelada Brazil oleh penambang bernama Júlio de Deus Filho.

Jika dilakukan pemurnian, maka bongkahan emas Pepita Canaa akan memiliki kandungan emas seberat 52,33 kg. Pada tahun 1984 Pepita Canaa dibeli oleh Bank sentral Brazil yang kemudian dipamerkan di “ruangan emas” yang ada di museum bank sentral Brazil.

4. Lady Hotham – 36 kg

Bongkahan emas Lady Hotham Nugget ditemukan oleh sekelompok penambang di wilayah Gully Kanada yang penuh emas pada era demam emas Victoria di tahun 1854.

Dinamakan Lady Hotham dengan tujuan untuk menghormati istri gubernur Victoria pada saat itu, Sir Charles Hotham.

Bongkahan emas Lady Hotham memiliki berat 36 kilogram dengan harga 13.000 euro pada zaman itu ( setara dengan 1,8 juta dolar US saat ini ).

5. The Golden Eagle – 35,3 kg

golden eagle
abc.net.au

Australia barat terkenal dengan kandungan emasnya yang berlimpah. Hal ini terbukti dengan ditemukannya bongkahan emas seberat 35,3 kg pada tahun 1931 yang kemudian dikenal dengan nama The Golden Eagle.

Sayangnya, bongkahan emas yang ditemukan oleh pria bernama Jim Larcombe yang dibantu oleh anaknya ini harus dijual kepada pemerintah wilayah bagian pada saat itu.

Saat ini replika dari Th Golden Eagle bisa disaksikan di museum batu dan mineral yang ada di Kalgoorlie Australia.

6. The Heron – 31,4 kg

The Heron Ditemukan pada tahun 1855 di sebuah “selokan emas” yang terletak di “gunung emas” Alexander oleh beberapa orang penambang.

Bongkahan emas seberat 31,4 kilogram itu ditemukan pada hari ke 2 penambangan. Setelah itu bongkahan emas ini diberi nama The Heron yang berasal dari nama seorang komisaris tambang, tuan Heron.

7. Hand of Faith – 27,2 kg

Hand of Faith
wheretraveler.com

Hand of Faith adalah sebuah bongkahan emas berkualitas baik yang ditemukan pada tahun 1980 dengan bantuan alat pendeteksi metal oleh oleh Kevin Hillier.

Bongkahan emas seberat 27,2 kilogram yang kini dipamerkan di Biloxi Amerika ini ditemukan di wilayah dekat Kingower Australia.

8. Fricot Nugget – 6,3 kg

Fricot Nugget
latimes.com

Di daftar terakhir ini ditempati oleh bongkahan Fricot yang memiliki bobot 6,3 kilogram. Bongkahan emas ini pertama kali ditemukan oleh William Davis pada tahun 1865 di wilayah Sierra Nevada, Amerika.

Berhasik terjual dengan harga 8.700 dollar US di tahun 1817, saat ini bongkahan Fricot dipamerkan di museum Pertambangan dan Mineral negara bagian California.

Daftar Bongkahan Emas Terbesar Dalam Sejarah Manusia

NamaBeratAsal Negara
Welcome Stranger78 kgAustralia
Welcome Nugget69 kgAustralia
Pepita Canaa60,8 kgBrazil
Lady Hotham36 kgAustralia
The Golden Eagle35,3 kgAustralia
The Heron31,4 kgAustralia
Hand of Faith27,2 kgAustralia
Fricot Nugget6,3 kgAmerika
Another Stories