Melihat Uniknya Menu Sarapan Pagi Yang Lezat Dari 20 Negara Di Dunia

Dari mulai nasi kuning dari indonesia hingga chilaquiles dari mexico

Sarapan merupakan aktivitas yang biasa kita lakukan di pagi hari sebelum memulai aktifitas sehari hari. Di Indonesia sendiri kita mulai sarapan pagi antara pukul 05.00 hingga 10.00 pagi dengan berbagai menu sarapan pagi yang khas seperti nasi kuning, nasi uduk, soto ayam, bubur ayam, telor ceplok, tempe tahu dan sebagainya.

Jika di Indonesia saja menu sarapan pagi banyak jenisnya, bagaimana dengan negara lainnya di dunia ? Nah, kali ini Raffapedia akan mengajak kamu untuk melihat uniknya menu sarapan pagi dari berbagai negara diseluruh dunia dari mulai nasi lemak dari Malaysia hingga kasha dari Rusia.

1. Nasi uduk – Indonesia

www.gulalives.co

Nasi uduk merupakan salah satu menu sarapan pagi yang khas yang berasal dari Indonesia. Biasanya nasi uduk terdiri dari nasi dengan bumpu rempah rempah, bawang goreng, telur dadar, oreg tempe, ayam goreng dan sambal, serta lalapan seperti mentimun dan daun kemangi.

2. Vegemite toast – Australia

www.crossfield.at

Vegemite toast atau yang dalam bahasa indonesianya roti panggang berlapis selai vegemite. Menu sarapan pagi yang berasal dari Australia ini terdiri dari sebuah roti yang dipanggang lalu dilapisi dengan selai vegemite yang terbuat dari sisa ekstrak ragi bir dengan tambahan berbagai macam bumbu dan rempah rempah.

3. Kasha – Rusia

tastespace.wordpress.com

Kasha merupakan menu sarapan pagi yang berasal dari negara rusia yang isinya terdiri dari kacang kacangan yang direbus dalam air ataupun susu, dan bisa juga ditambah dengan sosis serta sayuran seperti kubis. Kasha sendiri terdiri dari 2 jenis rasa yaitu asin dan manis.Salah satu jenis kasa yang paling disukai di Rusia adalah buckwheat kasha yang terbuat dari sorgum, air dan garam yang dibumbui dengan mentega diatasnya.

4. Aloo Paratha – Pakistan

shutterstock.com/g/subodhsathe.com

Salah satu menu makanan yang dijadikan sebagai sarapan pagi di negara pakistan adalah aloo paratha. Makanan ini terdiri dari adonan yang tak beragi yang diisi dengan campuran kentang tumbuk dan bumbu rempah rempah yang dimasak diatas tungku panas yang kemudian diolesi mentega diatasnya. Selain Pakistan, aloo paratha ini juga populer di India.

5. Amerika – Telur ceplok, daging asap, kentang goreng dan roti panggang

shutterstock.com/g/barbaraj

Menu sarapan pagi negara Amerika Serikat ini kaya akan protein yang berasal dari telur dan daging, namun tidak ada ciri khas tersendiri pada makanan ini karena bisa kamu temukan juga di Indonesia.

6. Chilaquiles – Meksiko

shutterstock.com/g/funkyfrogstock

Menu sarapan pagi yang terlihat lezat ini menempatkan salah satu kota di meksiko sebagai kota dengan menu sarapan terbaik didunia. Chilaquiles sendiri merupakan tortilla goreng dengan saus hijau ataupun merah yang ditambahkan dengan ayam suwir dan kacang goreng.

7. You Tiao – China

shutterstock.com/g/kenishirotie

You tiao atau yang dikenal sebagai donat China ini merupakan menu sarapan pagi yang terdiri dari roti kering yang biasa dimakan bersamaan dengan susu kedelai ataupun bubur. You tiao ini banyak ditemukan juga di wilayah Asia Tenggara, dan di Indonesia sendiri mungkin kita mengenalnya dengan sebutan cakwe.

8. Cappuchino dan Cornetto – Italia

shutterstock.com/g/vpardi74

Warga Italia menyukai menu sarapan pagi yang cepat dan simpel, salah satunya seperti cappuchino klasik, segelas espresso dengan buih susu diatasnya serta dipadukan dengan kue kering yang dilapisi krim ataupun selai.

9. Ackee dan ikan asin – Jamaika

shutterstock.com/g/mychko

Ackee merupakan makanan nasional Jamaika. Ackee sendiri adalah buah sejenis ceri yang masuk ke dalam keluarga sapindaceae yang berasal Afrika barat yang kemudian diekspor ke jamaika pada abad ke 18. Jika sudah dimasak rasanya seperti telur yang di orak arik. Biasanya Ackee dimasak dengan cara direbus bersama tomat, bawang dan bumbu rempah rempah dan disajikan bersamaan dengan nasi serta diberi ikan asin, kacang polong serta cabai.

10. Changua – Kolombia

shutterstock.com/g/mychko

Changua merupakan menu sarapan pagi tradisional yang berasal dari Bogota Kolumbia. Changua adalah semangkuk sup yang terdiri dari susu, telur dan beberapa jenis sayuran yang ditambahkan sepotong calado yang akan melebur didalam supnya. Calado sendiri merupakan roti yang sudah basi namun masih bisa dikonsumsi.

11. Genfo – Etiopia

wikimedia.org

Makanan yang terlihat aneh ini sebenarnya memiliki rasa yang enak dan warga etiopia sendiri menamakanya genfo, menu sarapan pagi berupa bubur yang terbuat dari gandum. Selain dijadikan sarapan sehari hari, genfo juga biasa dimakan pada saat ada kelahiran seorang bayi. Biar lebih nikmat rasanya, genfo biasanya ditambahkan dengan niter kibeh (sejenis mentega) serta yogurt tawar pada pinggirannya.

12. Syrniki – Ukraina

shutterstock.com/g/alely

Kue dengan lumuran selai strawberry yang lezat ini bernama syrniki. Selain terdapat di ukraina, syrniki juga terdapat di negara Rusia, Belarusia, Lithuania dan Serbia. Menu sarapan ini berupa kue yang dipenuhi dengan quark (keju yang dibuat dengan cara menghangatkan susu asam hingga mengental) serta diberi topping berupa lumuran selai serta buah diatasnya.

13. Pan A La Catalana – Spanyol

shutterstock.com/g/nito100

Hidangan yang sangat lezat ini berasal dari wilayah Catalan Spanyol. Menu sarapan yang memiliki nama lain pan con tomate ini terdiri dari irisan roti dengan tambahan bawang putih dan tomat yang kemudian disiram dengan minyak zaitun diatasnya, simpel namun memiliki rasa yang lezat.

14. Hafragrautur – Islandia

seriouseats.com

Hidangan yang memiliki nama yang sulit ini berasal dari Islandia. Hafragrautur berupa oatmeal yang disajikan dengan mentega, gula, cokelat tau kismis diatasnya, bahkan sering juga ditambah dengan minyak ikan cod yang banyak mengandung vitamin D, sangat simpel namun bergizi tinggi.

15. Fruhstuck – Jerman

Fruhstuck merupakan salah satu makanan tradisional Jerman yang terdiri dari irisan irisan daging yang diberi sayuran diatasnya, dan juga terdapat irisan keju disertai roti dan selai. Fruhstuck ini mengandung banyak sekali protein yang berasal dari daging dan keju.

16. Mohinga – Myanmar

thedomesticman.com

Mohinga merupakan makanan tradisional Myanmar, hidangan ini terdiri dari mie dan sup ikan yang ditambahkan dengan telur, seledri dan cakwe. Bahan utama dalam membuat mohinga ini diantaranya tepung kacang panjang, bawang putih, serai, pasta ikan, jahe, kecap ikan, dan ikan patin.

17. Cafe con leche and tostada – Kuba

justapinch.com

Cafe con leche atau kopi susu adalah minuman tradisional yang terbuat dari susu yang kemudian ditambahkan dengan kopi. Biasanya cafe con leche disandingkan dengan toasda atau roti panggang yang ditambahkan mentega pada bagian luar dan dalamnya.

18. Sarapan penuh ikan – Irlandia

shutterstock.com/g/szakaly

Menu sarapan pagi yang sehat dari Irlandia ini terdiri dari daging bacon, telur goreng, roti panggang, kacang panggang, sosis, tomat goreng, dan tumis jamur yang semuanya dimasak dengan cara digoreng dalam wajan.

19. Inggris

independent.co.uk

Warga negara inggris biasanya menyantap roti panggang, telur ceplok, sosis, kacang merah serta tomat yang dipanggang sebagai menu sarapan paginya.

20. Pap papu – Afrika Selatan

independent.co.uk

Menu sarapan pagi warga Afrika Selatan salah satunya adalah sereal atau bubur yang terbuat dari jagung yang sering disebut dengan “pap papu” yang kemudian ditambahkan susu. Meskipun terlihat sederhana namun makanan ini memiliki rasa yang enak.

Demikianlah menu sarapan pagi dari berbagai negara yang ada di dunia ini, mulai dari yang sederhana hingga yang tergolong “berat”. Dan yang terakhir, sudahkah kamu sarapan pagi ini ?

Artikel Terkait