Daftar 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia Beserta Pelukisnya

6. Whistler’s Mother – James Abbott McNeill Whistler

lukisan Whistlers Mother karya James Abbott McNeill Whistler
wikipedia.org

Dilukis oleh pelukis asal Amerika James Abbott Mcneill Whistler, Whistler’s Mothers adalah salah satu lukisan terkenal yang menggambarkan sosok seorang ibu yang bernama Anna McNeill Whistler.

Lukisan Whistler’s Mothers atau yang dikenal juga sebagai Arrangement in Grey and Black No. 1 dilukis pada tahun 1871 pada media kanvas berukuran 1,44 m x 1,62 m menggunakan cat minyak.

Lukisan ini pernah terlihat dalam sebuah film mr Bean, dimana bagian wajah pada lukisan ini terkelupas catnya yang kemudian diganti menjadi gambar yang absurd oleh mr Bean.

Sejak tahun 2019 hingga kini lukisan Whistler’s Mothers tersimpan di musium seni Louvre Abu Dhabi yang ada di Uni Emirates Arab.

7. No 5, 1948 – Jackson Pollock

lukisan no 5 1948 karya jason pollock
jackson-pollock.org

No 5, 1948 adalah lukisan abstrak paling terkenal di dunia yang dilukis oleh Jackson Pollock, pelukis asal Amerika yang memang terkenal dengan gaya lukisannya yang abstrak. Selain terkenal, lukisan No 5, 1948 ini juga masuk kedalam daftar lukisan termahal di dunia.

Lukisan yang termasuk kedalam jenis abtrak ini selesai dibuat pada tahun 1948. Media yang digunakan dalam melukis No 5, 1948 adalah kanvas berukuran 2,4 m × 1,2 m, sedangkan catnya menggunakan cat minyak.

Karena lukisan ini telah terjual dalamsebuah lelang maka saat ini lukisan No 5, 1948 menjadi sebuah koleksi pribadi dari seorang kolektor seni di kota New York Amerika.

8. The Creation of Adam – Michelangelo

lukisan the creation of adam karya Michelangelo
wikipedia.org

The Creation of Adam adalah sebuah lukisan karya pematung Italia bernama Michelangelo. Lukisan terkenal ini tidak dilukis pada kanvas, melainkan pada langit langit Sistine Chapel ( kediaman resmi Paus ) yang terletak di kota Vatikan.

Lukisan The Creation of Adam menggambarkan tentang penciptaan manusia pertama di dbumi, Adam. Lukisan ini dibuat pada tahun 1512 oleh Michelangelo pada media dinding berukuran 2,8 m × 5,7 m.

9. The Night Watch – Rembrandt

lukisan the night watch karya Rembrandt
wikimedia.org

The Night Watch adalah sebuah lukisan yang menggambarkan sebuah grup militer Belanda yang dilukis oleh pelukis Rembrandt.

Lukisan yang dibuat pada era keemasan Belanda pada tahun 1642 ini dilukis diatas kain kanvas berukuran 363 cm × 437 cm dengan menggunakan cat minyak.

The Nigh Watch menjadi salah satu lukisan hasil karya Rembrandt yang dikenal dunia. Saat ini lukisan ini tersimpan di Musium Amsterdam, Belanda.

10. American Gothic – Grant Wood

lukisan american gothic karya grant wood
wikipedia.org

American Gothic adalah sebuah lukisan seorang dokter gigi bernama Mckeeby dan seorang wanita bernama Nan yang sedang berpose di depan sebuah rumah yang terkenal dengan sebutan American’s Gothic House.

Lukisan American Gothic yang dibuat di era moderenisme tahun 1930 oleh Grant Wood ini dilukis diatas papan fiber dengan menggunakan cat minyak.

Sejak tahun 1930 hingga sekarang lukisan American Gothic disimpan dengan baik di Sekolah Institut Seni Chicago, Amerika.

Another Stories