Daftar 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia Beserta Pelukisnya

Seorang pelukis dikenal melalui karya lukisannya. Salah satu contohnya adalah Leonardo Da Vinci yang dikenal karena lukisan Monalisa dan The Last Suppernya. Lukisan hasil karyanya ini bahkan masuk kedalam daftar lukisan paling terkenal di dunia.

Tidak hanya Leonardo da Vinci dengan Monalisanya yang saja terkenal, masih banyak lukisan karya pelukis lainnya yang dilukis dengan gaya serta alirannya masing masing yang masuk kedalam daftar ini.

10 Daftar Lukisan paling Terkenal di Dunia :

1. Mona Lisa – Leonardo Da Vinci

lukisan paling terkenal di dunia mona lisa karya leonardo da vinci
wikipedia.org

Mona Lisa adalah lukisan paling terkenal di dunia karya seorang pelukis Italia bernama Leonardo da Vinci. Subjek dari Lukisan ini adalah seorang wanita bangsawan Italia bernama Lisa del Giocondo yang merupakan anggota dari keluarga Gherardini.

Lukisan Mona Lisa dilukis pada tahun 1503 oleh Leonardo da Vinci pada media panel poplar berukuran 77 cm x 53 cm dengan menggunakan cat minyak.

Saat ini lukisan Mona Lisa disimpan dan dipamerkan kepada umum di musium Louvre yang merupakan musium seni terbesar di dunia yang ada di kota Paris, Prancis.

Setiap tahunnya kurang lebih 10 juta turis dari berbagai negara di dunia datang ke musium Louvre untuk menyaksikan lukisan Mona Lisa mahakarya dari Leonardo da Vinci ini.

Selain terkenal lukisan Monalisa juga menjadi lukisan paling berharga di dunia. Lukisan ini memegang rekor Guiness World Records sebagai lukisan dengan nilai asuransi tertinggi dalam sejarah dengan nilai 100 juta Dollar pada tahun 1962.

2. The Starry Night – Vincent Van Gogh

lukisan paling terkenal di dunia starry at night karya van gogh
vangoghgallery.com

The Starry Night adalah sebuah lukisan karya seorang pelukis Belanda Vincent Willem Van Gogh. Salah satu lukisan paling terkenal di dunia ini menggambarkan tentang pemandangan sebelum matahari terbit dari sebuah jendela di Saint Remy de Provence.

The Starry Night dilukis pada bulan Juni tahun 1889 oleh Van Gogh menggunakan cat minyak dengan media lukis kanvas berukuran 73,7 cm × 92,1 cm.

Yang menarik dari lukisan The Starry Night adalah lukisan ini dilukis pada saat Van Gogh menjalani perawatan dirumah sakit jiwa Saint Paul de Mausole.

Sekarang ini lukisan The Starry Night disimpan dengan aman dan dapat disaksikan oleh umum di Museum of Modern Art yang terletak di kota New York, Amerika.

Pada tahun 2020 sebanyak kurang lebih 700 ribu turis lokal dan mancanegara datang mengunjungi Museum of Modern Art untuk melihat lukisan The Starry Night yang terkenal ini.

3. Girl With a Pearl Earring – Johannes Vermeer

lukisan paling terkenal di dunia girl with a pearl earring karya Johannes Vermeer
wikimedia.org

Girl With a Pearl Earring adalah sebuah lukisan yang menggambarkan tentang seorang wanita cantik berbusana eksotis yang mengenakan sebuah kalung mutiara berukuran besar.

Girl With a Pearl Earring ini dilukis pada tahun 1665 oleh seorang pelukis terkenal asal Belanda Johannes Vermeer pada media kanvas berukuran 44,5 cm × 39 cm menggunakan cat minyak.

Lukisan Girl With a Pearl Earring menjadi lukisan Johannes Vermer yang paling terkenal di dunia jika dibandingkan dengan lukisan dia yang lainnya.

Saat ini lukisan Girl With a Pearl Earring dipamerkan di sebuah musium seni yang bernama Mauritshuis yang terletak di kota The Hague, Belanda.

4. Napoleon Crossing The Alps – Jacques Louis David

lukisan napoleon crossing the alps karya jacques louis david
wikimedia.org

Napoleon Crossing The Alps adalah salah satu lukisan paling ikonik di dunia yang menggambarkan kegagahahan seorang pemimpin militer Prancis Napoleon Bonaparte.

Apa yang membuat Lukisan Napoleon Crossing The Alps begitu terkenal di dunia ? tentu saja karena lukisan ini dilukis oleh pelukis terkenal asal Prancis yang bernama Jacques Lois David.

Lukisan Napoleon Crossing The Alps dibuat pada tahun 1801 hingga 1805 oleh Jacques Lois David menggunakan cat minyak dengan media lukisnya menggunakan kanvas berukuran 2,6 m x 2,21 m.

Saat ini lukisan Napoleon Crossing The Alps tersimpan disebuah rumah bangsawan Chateau de Malmaison yang berjarak sekitar 12,6 kilometer dari kota Paris, Prancis.

5. Guernica – Pablo Picasso

lukisan guernica karya pablo picasso
thestrategybridge.org

Guernica adalah sebuah lukisan berukuran besar karya dari seorang pelukis Spanyol Pablo Picasso yang dibuat pada tahun 1937. Dari semua lukisan yang pernah dibuat oleh Pablo Picasso, Guernica menjadi salah satu lukisannya yang paling populer di dunia.

Lukisan Guernica ini tergolong lukisar berukuran besar karena dimensi dari lukisan ini adalah 3,49 m x 7,77 m yang dilukis pada media kanvas dengan menggunakan cat minyak.

Saat ini lukisan Guernika disimpan dan dipamerkan di musium nasional Spanyol yang bernama The Museo Nacional Centro de Arte Reina Sofía. Pada tahun 2020 musium ini telah dikunjungi oleh turis dari berbagai negara di dunia sebanyak 1,2 juta pengunjung.

Another Stories