10 Hewan Paling Berbisa di Dunia Berdasarkan Jenisnya

6. Siput Kerucut

siput kerucut
divehub.id

Kecil tapi berbahaya, julukan ini mungkin pantas diberikan kepada siput Kerucut ( Cone Snail ) ini.

Bisa yang disuntikkan melalui tentakel oleh siput Kerucut berukuran besar dapat sangat mematikan bagi manusia.

Hingga saat ini serum anti racun untuk siput Kerucut ini belum ditemukan, sehingga manusia yang tersengat oleh racunnya hanya diberi obat ternetu untuk menjaga korban tetap hidup sampai racunnya hilang

7. Gila Monster

Kadal Manik Manik Meksiko
khon2.com

Berdasarkan penelitian para ahli saat ini, Gila Monster adalah kadal paling berbisa di dunia yang berasal dari wilayah barat daya AS dan barat laut Meksiko.

Meskipun memiliki bisa yang berbahaya, namun kematian yang ditimbulkan oleh kadal ini sangat jarang terjadi, hal ini dikarenakan jumlah racun yang dikeluarkan saat Gila Monster ini menggigit sangat sedikit dosisnya.

8. Ulat Lonomia Obliqua

Ulat Lonomia obliqua

Menurut Guiness World Records ulat Lonomia Obliqua adalah ulat paling berbisa di dunia. Ulat ini bertanggung jawab atas banyaknya kematian pada manusia, terutama yang terjadi di Brazil Selatan.

Bisa pada ulat ini disuntikkan melalui duri yang terdapat di sekujur tubuhnya. Racun ulat ini dapat menyebabkan Koagulasi intravaskuler diseminata yaitu kondisi pembekuan darah di seluruh tubuh, yang menghalangi pergerakan pembuluh darah kecil.

9. Semut Bulldog

semut api
wired.com

Semut Bulldog ( Myrmecia pyriformis ) dinobatkan sebagai semut paling berbahaya di dunia. Semut ini banyak ditemukan di daerah Pesisir Australia.

Semut ini menyebarkan bisa dengan cara menggigit mangsanya, mangsa yang terkena gigitan semut ini dalam jumlah banyak maka akan menyebabkan kematian dalam waktu 15 menit.

Setidaknya ada 3 korban jiwa manusia yang ditimbulkan oleh semut ini sejak tahun 1938, dan kasus terbaru akibat gigitan semut ini terjadi pada tahun 1988.

Semu Bulldog ini tergolong semut yang agresif dan menyerang secara berkelompok. Ketika sudah menggigit mangsanya, maka gigitan semut ini tidak akan terlepas.

10. Ubur Ubur Kotak

ubur ubur kotak
newyorker.com

Selain sebagai ubur ubur paling berbisa di dunia, ubur ubur kotak ( Box Jellyfish ) juga dianggap sebagai hewan laut paling berbisa di dunia.

Meskipun terlihat tidak berbahaya namun nyatanya sengatan dari ubur ubur kotak ini sangat mematikan bagi manusia.

Tercatat sebanyak 20 orang di Filipina meninggal dunia tiap tahunnya akibat sengatan ubur ubur kotak ini.

Ubur ubur kotak memiliki panjang tubuh sekitar 20 cm, memiliki 15 buah tentakel dengan panjang masing masing sekitar 3 meter.

Dalam satu tentakelnya terdapat sekitar 500 ribu sengat racun, itu artinya seekor ubur ubur kotak memiliki 30 juta sengat racun, WOW..!

Another Stories