On
11 July 2021

10 Jenis Keju Paling Terkenal di Dunia Beserta Negara Asalnya

Oleh Raffa

Keju adalah jenis makanan yang berasal dari susu dengan bentuk, warna, rasa serta tekstur yang berbeda beda tergantung proses pembuatannya.

Untuk membedakan jenis keju yang satu dengan yang lainnya maka keju dapat dibedakan berdasarkan :

  • Jenis susu yang digunakan
  • Negara asal
  • Tekstur
  • Rasa
  • Lama penyimpanan
  • Cara pembuatan

Ada Berapa Jenis Keju di Dunia Ini ?

Saat ini diperkirakan terdapat kurang lebih 1.800 jenis keju yang ada di dunia ini dengan berbagai macam tipe dan kategorinya.

Berdasarkan tipenya, keju dibagi menjadi 8 tipe yaitu :

  • Hard
  • Semi Hard
  • Soft
  • Semi Soft
  • Firm
  • Semi Firm
  • Fresh Soft
  • Fresh Firm

Sedangkan jika berdasarkan jenis susu yang digunakan keju dibagi menjadi 11 jenis yaitu keju yang terbuat dari susu Kerbau, Unta, Lembu, Keledai, Kambing, Kuda, Moose, Rusa kutub, Domba, Kerbau Liar dan Yak

Apa Saja Jenis Keju Yang Paling Terkenal di Dunia Ini ?

Beda negara beda juga jenis kejunya, seperti negara Italia yang terkenal dengan keju Mozzarellanya ataupun Inggris yang terkenal dengan keju Cheddarnya.

Dari banyaknya jenis keju yang ada, raffapedia merangkumnya menjadi 10 daftar yang menarik untuk dibaca dibawah ini ^^

Daftar Keju Paling Terkenal di Dunia

1. Keju Mozzarella – Italia

zonefresh.com.au

Keju Mozzarella adalah salah satu keju paling terkenal di dunia yang berasal dari Italia. Keju ini terbuat dari susu sapi dan memiliki tekstur yang kenyal, lembut dan berserabut.

Ciri khas dari keju Mozzarella adalah kejunya yang berwarna putih, bertekstur sangan lembut dan ketika keju ini dipotong maka akan mengeluarkan cairan putih beraroma susu.

Mozzarella sendiri berasal dari bahasa Italia Mozzare yang artinya memotong. Sesuai dengan namanya, cara pembuatan keju Mozzarella ini adalah dengan cara diputar dan dipotong.

Berbeda dari jenis keju lainnya, keju Mozzarella termasuk jenis keju segar yang tidak bisa bertahan lama dan harus segera digunakan setelah selesai dibuat.

Beberapa jenis resep masakan yang menggunakan keju Mozzarella diantaranya Pizza, Corndog, Cheese Stick, Potato Stick, Roti Keju Mozzarella

Baca Juga : Daftar 10 Keju Paling Mahal di Dunia

2. Keju Cheddar – Inggris

cnn.com

Keju Cheddar adalah keju asal Inggris yang paling sering dijumpai di dunia. Keju ini awalnya hanya diproduksi di Inggris sebelum akhirnya diproduksi secara luas diseluruh dunia.

Keju Cheddar termasuk kedalam jenis keju keras ( hard cheese ) yang terbuat dari susu sapi. Keju ini memiliki ciri khas yaitu teksturnya agak rapuh jika di awetkan dengan waktu yang lama dan akan bertekstur halus jika di awetkan dengan waktu yang hanya sebentar.

Secara alami keju Cheddar memiliki warna putih hingga kuning pucat, namun ada juga yang berwarna oranye jika diberi pewarna tambahan.

Keju Cheddar biasanya digunakan sebagai bahan utama di berbagai resep makanan seperti, Burger, Sanwich, Martabak, Roti Bakar, dan sebagai Topping minuman kekinian.

3. Keju Gouda – Belanda

thecheesemaker.com

Gouda merupakan salah satu keju paling populer di dunia yang namanya diambil dari nama sebuah kota yang terletak di sebelah barat Belanda yaitu Gouda. Saking populernya, bahkan keju ini menyumbang hingga 60% dari total konsumsi keju dunia.

Ciri khas yang membuat keju Gouda begitu terkenal adalah rasa kejunya yang begitu kaya dan juga tekstur kejunya yang halus.

Bahan pembuatan keju gouda ini berasal dari susu sapi yang telah melalui proses pasteurisasi yang kemudian disimpan dalam waktu yang lama sebelum digunakan.

Berdasarkan kategorinya, keju Gouda dibagi menjadi 6 kategori, yaitu :

  • Keju muda yang berusia 4 minggu
  • Keju muda menuju dewasa yang berusia 8 hingga 10 minggu
  • Keju dewasa yang berusia 16 hingga 18 minggu
  • Keju sangat dewasa yang berusia 7 hingga 9 bulan
  • Keju tua yang berusia 10 hingga 12 bulan
  • Keju sangat tua yang berusia diatas 12 bulan

4. Keju Emmental – Swiss

thespruceeats.com

Keju Emmental atau yang lebih dikenal dengan sebutan keju Swiss adalah keju jenis keras yang terbuat dari susu mentah yang tidak melalui proses pasteurisasi.

Keju emmental memiliki ciri ciri khusus yang tidak ada pada keju lainnya yaitu adanya lubang atau rongga pada bagian dalam daging kejunya.

Lubang pada keju Emmental ini diakibatkan oleh 3 jenis bakteri yaitu Streptococcus thermophilus, Lactobacillus helveticus, dan Propionibacterium freudenreichii yang muncul pada saat proses pematangan keju.

Selain itu juga keju swiss memiliki ciri ciri kulit luarnya yang berwarna cokelat kekuning kuningan sedangkan bagian dalamnya berwarna krem ataupun kuning.

Nah, jika kamu sering melihat serial kartun Tom & Jerry, maka kamu akan sering melihat keju jenis ini, karena keju ini merupakan makanan favorit si tikus Jerry.

5. Keju Limburger – Jerman

stockfood.com

Keju Limburger adalah keju berjenis semi soft asal Herve Jerman yang terkenal akan baunya yang menyengat saat keju ini sudah matang. Bau yang menyengat pada keju Limburger ini disebabkan oleh bakteri Brevibacterium linens.

Karakteristik dari keju limburger adalah berbentuk balok dengan kulit kejunya berwarna kuning kemerahan yang diakibatkan oleh bakteria corynebacteria.

Biasanya keju Limburger disajikan diatas roti gandum hitam yang diberi seiris bawang sehingga menjadi sandwich Limburger.

6 Keju Comte – Prancis

wikipedia.org

Keju Comte adalah keju terkenal asal Prancis yang dibuat dari susu sapi Montbeliarde atau French Simmental tanpa melalui proses pasteurisasi terlebih dahulu.

Proses pembuatan keju Comte harus melalui persyaratan yang cukup rumit, diantaranya :

  • Hanya susu dari sapi Montbeliarde atau French Simmental yang boleh digunakan
  • Jumlah sapi tidak boleh lebig dari1,3 per 1 hektar padang rumput
  • Sapi hanya boleh diberi rumput yang segar
  • Susu harus diangkut segera ke tempat produksi ssetelah diperah
  • Proses pemberian Rennet harus dilakukan dalam waktu yang telah ditentukan setelah pemerahan, sesuai dengan suhu penyimpanan susu
  • Hanya menggunakan susu sapi mentah dengan proses pemanasan susu hanya 1 kali pada suhu 56 derajat celcius, dan harus dilakukan selama proses pemberian Rennet
  • Proses pemberian garam hanya dapat ditaburkan langsung ke permukaan keju
  • Label kasein yang berisi tanggal produksi harus dipasang pada sisi keju, dan pematangan harus berlanjut setidaknya selama 4 bulan

Untuk ciri khasnya sendiri, keju Comte ini memiliki tipe semi hard dengan tekstur yang lembut dan mudah meleleh sedangkan untuk warnanya keju ini memiliki warna kecoklatan pada bagian luarnya dan kuning pucat pada bagian dalamnya.

7. Keju Krim ( Cream Cheese ) – Amerika

daringgourmet.com

Cream Cheese memiliki bentuk berupa krim yang membuatnya berbeda dari jenis keju yang lainnya. Keju paling terkenal asal Amerika ini terbuat dari campuran susu tanpa lemak dan krim serta bahan penstabil makanan.

Ciri khas yang dimiliki dari Cream Cheese ini adalah warnanya yang berwarna putih susu serta memiliki rasa yang lembut serta manis.

Biasanya Cream Cheese banyak digunakan sebagai topping pada minuman Taro, Red Velvet, Thai Tea ataupun sebagai bahan olesan roti tawar.

Kamu juga bisa membuat tiruan Cream Cheese ini dengan hanya menggunakan 3 bahan saja yaitu keju cheddar, susu uht dan tepung maizena.

8. Keju Oaxaca – Meksiko

Keju Oaxaca atau dikenal juga sebagai keju Quesillo adalah keju bertipe semi lunak yang berasal dari Meksiko. Keju ini terbuat dari susu sapi yang dibuat dengan cara meregangkan dadih sehingga berbentuk seperti tali yang kemudian dililitkan hingga membentuk bola.

Untuk penggunaannya, keju yang memiliki warna putih pucat ini biasa digunakan dalam beberapa masakan Meksiko seperti Quesadillas dan Empanadas.

9. Keju Serra Da Estrela – Portugal

forevercheese.com

Serra Da Estrela adalah keju paling terkenal di wilayah Portugal. Keju yang berasal dari daerah pegunungan Serra Da Estrela ini terbuat dari susu domba mentah yang kemudian diolah tanpa menggunakan Rennet melainkan menggunakan Cynara cadunculus thistle.

Ciri ciri umum yang terdapat pada keju ini adalah bagian dalamnya yang sangat lembut , sedangkan untuk warnanya keju ini memiliki warna krem pada bagian kulitnya sedangkan bagian dalamnya berwarna lebih muda.

10. Keju Pule – Serbia

myfermentedfoods.com

Selain masuk kedalam daftar keju paling terkenal, keju Pule juga masuk kedalam daftar keju termahal di dunia dan masuk kedalam peringkat pertama.

Secara tradisional keju Pule dibuat menggunakan bahan baku susu keledai Balkan yang digembalakan di wilayah Serbia. Proses pembuatan keju pule tergolong susah karena untuk menghasilkan 1 kilogram keju ini diperlukan 25 liter susu keledai Balkan.

Keju pule memiliki ciri khas berupa warnanya yang putih serta teksturnya yang rapuh. Saat ini keju Pule hanya diproduksi oleh 1 produsen keju yang bernama Simic Farm.