10 Topi Tradisional Paling Unik di Dunia Beserta Negara Asalnya

Tiap negara di dunia memiliki kebudayaan yang berbeda beda, salah satu contohnya adalah topi tradisionalnya. Topi tradisional negara bersuhu dingin akan berbeda dengan negara yang memiliki suhu panas, masing masing memiliki bentuk, ciri khas serta keunikannya tersendiri.

Lalu topi apa saja yang masuk ke dalam daftar ini ? berikut info menariknya.

Daftar Topi Tradisional Paling Unik di Dunia Beserta Asalnya Versi Raffapedia

1. Blangkon – Indonesia

blangkon - indonesia
wikimedia.org

Blangkon adalah salah satu topi tradisional Indonesia yang berasal dari suku Jawa yang terbuat dari kain batik dengan ciri khas adanya tonjolan pada bagian belakangnya.

Beberapa jenis blangkon yang ada diantaranya :

  • Blangkon Ngayogyakarta
  • Blangkon Surakarta
  • Blangkon Kedu
  • Blangkon Banyumasan
gambar blangkon
kebudayaan.kemdikbud.go.id

Sebelum memiliki bentuk seperti sekarang, awalnya blangkon berbentuk kain biasa yang cara pakainya tidaklah semudah saat ini, untuk dapat membentuk blangkon kain terlebih dulu harus dilipat 2 menjadi segitiga yang kemudian dililitkan dikepala dengan cara dan aturan tertentu.

2. Ushanka – Rusia

Ushanka adalah opi tradisional Russia yang terbuat dari bulu domba, kelinci ataupun bulu sintetis. Topi ini memiliki pelindung telinga yang berfungsi sebagai penghangat telinga saat musim dingin.

3. Beret – Prancis

beret - prancis
cashmerechoice.co.uk

Beret adalah topi tradisional yang berasal dari Prancis. Topi dengan bentuk bulat yang khas ini terbuat dari bahan wol, kain felt ataupun serat akrilik. Selain digunakan sebagai topi fashion, beret juga umumnya digunakan sebagai topi militer.

4. Non La – Vietnam

non la - vietnam
partycity.com

Non La merupakan topi tradisional Vietnam yang terbuat dari bahan organik seperti daun lontar, kulit kayu pohon Moc ataupun dari bambu.

Non La banyak digunakan oleh para petani di sawah, para pedagang ataupun masyarakat umum yang ingin terlindung dari panasnya sinar matahari.

5. Sombrero – Meksiko

sombrero - meksiko

Sombrero adalah topi tradisional Meksiko yang terbuat dari kain kempa ataupun jerami dengan ciri khas pinggiran topinya yang sangat lebar. Pinggirannya yang lebar ini bertujuan untuk melindungi kepala, leher hingga bahu pemakainya dari terik matahari.

Kata Sombrero berasal dari bahasa Spanyol sombra yang berarti naungan. Selain di Meksiko, Sombrero juga dapat ditemukan dinegara lain seperti Amerika Selatan, Spanyol dan Kolombia.

Another Stories