10 Hewan Terbesar Di Dunia Berdasarkan Jenisnya

6. Gorila

Gorilla
emaze.com

Gorila adalah hewan primata terbesar di dunia. Hewan yang masuk dalam kelas mamalia ini ini memiliki berat tubuh hingga 390 kilogram dengan tinggi badan mencapai 1,7 meter.

Makanan utama gorila diantaranya adalah dahan pohon, buah buahan, rebung, dan juga hewan kecil seperti semut dan rayap. Habitat asli dari hewan ini adalah hutan dan mereka hidup secara berkelompok.

Saat ini jumlah gorila di dunia diperkirakan hanya berjumlah 200 ribu ekor. Perburuan liar yang dilakukan oleh manusia adalah salah satu penyebab berkurangnya populasi gorila di alam liar.

Fakta menarik dari gorila adalah gorila berbagi 98,3% DNA mereka dengan manusia.

7. Anaconda

Anaconda

Memiliki kemampuan meremukkan tulang serta menelan mangsanya secara utuh, Anaconda dinobatkan mejadi hewan melata terbesar di dunia.

Anaconda dewasa dapat tumbuh hingga 9 meter dan memiliki berat 249 kilogram yang menjadikannya sebagai salah satu ular terpanjang.

Anconda banyak ditemukan di wilayah Amerika Selatan, Brazil, Kolombia dan juga Venezuela. Habitat asli dari anaconda adalah rawa, sungai berarus lambat dan juga hutan hujan tropis.

Biasanya anaconda memangsa hewan kecil seperti ikan dan burung, bahkan hewan yang lebih besar seperti tapir, dan juga jaguar tak luput dari reptil yang satu ini.

8. Kumbang Goliath

Kumbang goliath
thoughtco.com

Serangga terbesar di dunia ini bernama kumbang Goliath. Kumbang ini dapat tumbuh sepanjang 110 cm dengan berat mencapai 100 gram.

Kumbang goliath banyak ditemukan di hutan tropis Afrika dan biasanya mereka hidup di pohon palm

9. Kangguru Merah

Kangguru merah
wikipedia.org

Kangguru adalah hewan khas Australia yang termasuk dalam hewan Marsupial ( memiliki kantong ). Dari semua jenis hewan marsupial yang ada di bumi ini, Kangguru merah adalah yang terbesar di dunia.

Hewan dengan ciri khas memiliki kantung ini memiliki tinggi badan sekitar 1,5 meter dengan berat mencapai 90 kilogram.

Kangguru merah masuk kedalam jenis hewan herbivora, dengan makanan utamanya berupa rumput dan mereka sanggup untuk tidak minum dalam waktu yang lama.

Salah satu fakta menarik dari kangguru merah adalah mereka dapan melakukan lompatan setinggi 1,8 meter dan sanggup berlari dengan kecepatan 56 km/jam.

Saat ini jumlah populasi kangguru merah mencapai 11,5 juta ekor dan tersebar luas di dataran kering Australia. Biasanya mereka hidup diwilayah yang memiliki padang rumput serta semak belukar yang luas.

Another Stories