10 Hewan Terbesar Di Dunia Berdasarkan Jenisnya

Dari Semua jenis hewan yang ada di dunia, Paus Biru adalah yang terbesar hingga saat ini. Menurut nationalgeographic, panjang paus biru dewasa bisa mencapai 32 meter.

Sedangkan untuk beratnya, hewan yang termasuk dalam kategori mamalia ini memiliki berat hingga 200 ton atau setara dengan 10 bus Scania K320IA.

Paus biru
worldwildlife.org

Jika dibandingkan dengan berat Gajah Afrika yang merupakan hewan terbesar di darat, maka berat paus biru setara dengan 33 Gajah Afrika, luar biasa.

Ukuran paus biru

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, usia rata rata dari hewan ini berkisar antara 80 hingga 90 tahun, sedangkan paus biru tertua yang pernah ditemukan memiliki usia 110 tahun.

Selain paus biru, terdapat beberapa hewan lainnya yang masuk dalam daftar ini, berikut raffapedia berikan ulasannya.

Daftar Hewan Terbesar dan Terberat Di Dunia Tahun 2020 :

Gajah Afrika

Gajah afrika
africanelephantjournal.com

Gajah afrika adalah hewan herbivora terbesar di dunia dengan berat mencapai 7 ton dan tingginya sekitar 3,9 meter.

Fakta menarik dari gajah afrika adalah mereka sanggup memakan makanan seberat 136 kilogram dalam sehari. Menu makan mereka pun beragam, diantaranya rumput, buah, kulit kayu dan juga akar.

Menurut worldwildlife populasi gajah afrika di alam liar saat ini berjumlah sekitar 415 ribu ekor. Populasinya yang sedikit ini menjadikan gajah afrika rentan terhadap kepunahan.

Hewan dengan ciri khas memiliki belalai ini memiliki habitat hidup di savana maupun di hutan tropis.

Beruang Kutub

Beruang kutub
polarbearsinternational.org

Dengan berat tubuhnya yang mencapai 725 kilogram serta tingginya yang mencapai 2,2 meter, beruang kutub menjadi hewan karnivora terbesar di dunia.

Habitat hidup beruang kutub terletak di wilayah kutub utara yang tertutup oleh es. Meskipun tinggal diwilayah bersuhu dingin, beruang kutub tidak merasakan dingin, hal ini disebabkan karena mereka memiliki lemak setebal 10 cm dibawah kulit yang membuatnya tetap merasa hangat.

Sebagai hewan karnivora, beruang kutub menghabiskan 50 persen hidupnya untuk berburu. Hewan buruan favoritnya antara lain adalah anjing laut.

Beruang Kodiak

Beruang kodiak
wikipedia.org

Beruang kodiak merupakan spesies unik dari beruang grizzly yang hanya bisa ditemukan di kepulauan Kodiak.

Sebagai beruang terbesar di dunia, beruang kodiak memiliki ukuran serta berat tubuh yang luar biasa. Beruang kodiak dewasa bisa tumbuh hingga 10 meter dengan berat mencapai 600 kilogram

Saat ini populasi beruang kodiak di alam liar berjumlah 3.500 ekor dan terus bertambah tiap tahunnya.

Burung Unta

Burung unta
pixabay.com

Dengan tinggi 2,7 meter serta beratnya yang mencapai 104 kilogram, burung unta menjadi burung terbesar di dunia.

Fakta menarik dari burung unta adalah meskipun burung ini memiliki sayap tetapi tidak bisa digunakan untuk terbang seperti burung pada umumnya.

Meskipun tidak dapat terbang, burung unta memiliki kelebihan lainnya yaitu memiliki kecepatan lari hingga 70 km/jam. Larinya yang cepat ini sangat berguna untuk menghindari predator alaminya seperti cheetah dan singa.

Habitat asli burung unta adalah padang savana dan juga kawasan gurun. Burung yang termasuk kedalam jenis Omnivora ini biasanya memakan akar, dedaunan, biji ataupun hewan kecil seperti belalang, ular, kadal dan juga hewan pengerat lainnya.

Buaya Air Asin

Buaya air asin
wikimedia.org

Dari semua reptil yang ada, buaya air asin adalah reptil terbesar di dunia. Jika sudah dewasa hewan yang tergolong jenis karnivora ini bisa tumbuh hingga 5 meter dengan berat mencapai 450 kilogram.

Hewan yang memiliki nama ilmiah Crocodylus porosus ini biasa ditemukan di wilayah India Timur, Asia Tenggara dan Australia.

Predator penghuni air payau ini memiliki mangsa utama seperti kerbau, monyet, babi, bahkan ikan hiu sekalipun.

Salah satu fakta menarik dari buaya air asin ini adalah mereka dikenal sebagai perenang yang handal dan sanggup berenang sejauh 900 kilometer.

Gorila

Gorilla
emaze.com

Gorila adalah hewan primata terbesar di dunia. Hewan yang masuk dalam kelas mamalia ini ini memiliki berat tubuh hingga 390 kilogram dengan tinggi badan mencapai 1,7 meter.

Makanan utama gorila diantaranya adalah dahan pohon, buah buahan, rebung, dan juga hewan kecil seperti semut dan rayap. Habitat asli dari hewan ini adalah hutan dan mereka hidup secara berkelompok.

Saat ini jumlah gorila di dunia diperkirakan hanya berjumlah 200 ribu ekor. Perburuan liar yang dilakukan oleh manusia adalah salah satu penyebab berkurangnya populasi gorila di alam liar.

Fakta menarik dari gorila adalah gorila berbagi 98,3% DNA mereka dengan manusia.

Anaconda

Anaconda

Memiliki kemampuan meremukkan tulang serta menelan mangsanya secara utuh, Anaconda dinobatkan mejadi hewan melata terbesar di dunia.

Anaconda dewasa dapat tumbuh hingga 9 meter dan memiliki berat 249 kilogram yang menjadikannya sebagai salah satu ular terpanjang.

Anconda banyak ditemukan di wilayah Amerika Selatan, Brazil, Kolombia dan juga Venezuela. Habitat asli dari anaconda adalah rawa, sungai berarus lambat dan juga hutan hujan tropis.

Biasanya anaconda memangsa hewan kecil seperti ikan dan burung, bahkan hewan yang lebih besar seperti tapir, dan juga jaguar tak luput dari reptil yang satu ini.

Kumbang Goliath

Kumbang goliath
thoughtco.com

Serangga terbesar di dunia ini bernama kumbang Goliath. Kumbang ini dapat tumbuh sepanjang 110 cm dengan berat mencapai 100 gram.

Kumbang goliath banyak ditemukan di hutan tropis Afrika dan biasanya mereka hidup di pohon palm

Kangguru Merah

Kangguru merah
wikipedia.org

Kangguru adalah hewan khas Australia yang termasuk dalam hewan Marsupial ( memiliki kantong ). Dari semua jenis hewan marsupial yang ada di bumi ini, Kangguru merah adalah yang terbesar di dunia.

Hewan dengan ciri khas memiliki kantung ini memiliki tinggi badan sekitar 1,5 meter dengan berat mencapai 90 kilogram.

Kangguru merah masuk kedalam jenis hewan herbivora, dengan makanan utamanya berupa rumput dan mereka sanggup untuk tidak minum dalam waktu yang lama.

Salah satu fakta menarik dari kangguru merah adalah mereka dapan melakukan lompatan setinggi 1,8 meter dan sanggup berlari dengan kecepatan 56 km/jam.

Saat ini jumlah populasi kangguru merah mencapai 11,5 juta ekor dan tersebar luas di dataran kering Australia. Biasanya mereka hidup diwilayah yang memiliki padang rumput serta semak belukar yang luas.