10 Buah Langka Di Indonesia Yang Kurang Dikenal Namanya

Indonesia memiliki beragam jenis buah buahan. Tanahnya yang subur serta iklimnya yang tropis sangat cocok untuk ditanami hampir segala jenis buah buahan.

Dari banyaknya jenis buah yang ada, terdapat beberapa buah asli Indonesia yang mulai jarang ditemukan buah ataupun pohonnya, bahkan namanya pun hanya sedikit orang yang tahu.

Buah seperti jeruk, apel, anggur, durian dan pisang lebih dikenal daripada buah buahan seperti buah rukam, mundu, kemang, menteng dan juga wanyi.

Salah satu penyebab kurang dikenalnya beberapa buah tersebut adalah faktor kelangkaan, dimana tidak semua daerah di Indonesia menghasilkan buah ini dan hanya masyarakat yang ada di daerah penghasil buah tersebut yang mengetahui namanya.

Daftar 10 Buah Langka di Indonesia :

Buah Gandaria

Buah gandaria
tanamanlangka.com

Gandaria adalah salah satu buah langka di Indonesia yang bisa ditemukan di wilayah Sumatera.

Buah gandaria ini memiliki bentuk seperti buah mangga dengan ciri ciri kulit berwarna hijau ketika masih muda dan akan berubah menjadi kuning ketika sudah matang.

Untuk rasanya sendiri, buah gandaria memiliki rasa yang manis asam dengan daging buah yang berair.

Beberapa manfaat dari buah gandaria adalah dapat dijadikan rujak dan juga sebagai campuran sambal gandaria.

Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, daun gandaria dapat dijadikan sebagai lalapan dan kayu pohonnya dapat dijadikan sebagai papan.

Untuk kamu yang ingin mencicipi rasa buah yang memiliki nama lokal Jatake ini, kamu bisa mencarinya sekitar bulan September hingga Desember.

Buah Bisbul

Buah bisbul
indonesia.go.id

Buah Bisbul adalah salah satu buah yang sudah mulai jarang ditemukan. Meskipun terbilang langka, buah bisbul masih bisa kamu temukan di daerah Bogor Selatan.

Ciri ciri buah bisbul adalah kulit buahnya yang berbulu dan memiliki bentuk seperti buah kesemek. Untuk rasanya sendiri, buah Bisbul ini memiliki rasa manis yang segar.

Mau mencicipi buah yang satu ini ? Kamu bia mencarinya ketika masa panen tiba, yaitu antara bulan Maret hingga Mei.

Buah Kemang

Buah kemang
mongabay.co.id

Tahukah kamu ? asal usul penamaan daerah Kemang yang ada di Jakarta berasal dari buah Kemang ini. Menurut cerita, dulunya pohon buah ini banyak ditemukan di daerah Kemang, namun kini keberadaannya sulit ditemukan.

Buah kemang memiliki bentuk seperti buah mangga, tetapi sedikit lebih lonjong dengan kulit yang agak tebal dan akan berwarna cokelat kusam ketika sudah matang.

Buah Kemang memiliki wangi yang khas dengan tekstur buah yang berserat menyerupai daging buah Sirsak dengan rasa yang asam yang menyegarkan.

Tertarik mencicipi buah Kemang ini ? Tenang, kamu masih bisa mencarinya di wilayah Bogor.

Buah Matoa

Buah matoa
tokopedia.com

Jika kamu tinggal di wilayah Timur Indonesia mungkin masih kenal dengan buah yang satu ini. Buah yang dikenal dengan nama buah Matoa ini memang berasal dari wilayah Papua, Indonesia.

Buah matoa adalah buah khas Papua yang memiliki beberapa manfaat, diantaranya adalah :

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Menagkal radikal bebas
  • Memelihara kesehatan kulit
  • Menurunkan darah tinggi
  • Mencegah munculnya jerawat

Buah matoa memiliki bentuk yang agak lonjong dengan rasa buah yang manis legit beraroma segar dengan kulit buah cokelat kemerahan ketika matang.

Tertarik dengan buah ini ? kamu bisa mencarinya antara bulan Juli hingga Oktober, karena dibulan tersebut adalah masa panen dari buah Matoa ini.

Buah Menteng

Buah menteng
shopee.co.id

Satu lagi buah yang namanya dijadikan nama daerah di Jakarta, buah tersebut adalah buah Menteng. Buah menteng atau yang memiliki nama lain buah kepundung ini adalah buah langka yang berasal dari Jawa dan Sumatera.

Buah Menteng ini memiliki ciri kulit buah kuning kehijauan, daging buahnya berwarna ungu serta rasanya yang asam.

Beberapa manfaat dari buah Menteng adalah :

  • Sebagai anti oksidan
  • Membantu melancarkan sistem pencernaan
  • Membantu mengurangi resiko Osteoporosis

Biasanya buah Menteng memiliki masa panen antara bulan Januari hingga Maret.

Another Stories