Mengenal Vantablack, Material Paling Gelap Di Dunia Beserta Fakta Uniknya

Hitamnya lebih hitam dari warna hitam dan memiliki kemampuan menyerap 99,9% cahaya

Vertically Aligned Nano Tubes Arrays atau yang lebih dikenal dengan sebutan Vantablack adalah lapisan atau material super hitam yang saat ini memegang rekor sebagai zat buatan manusia yang paling gelap di dunia. Vantablack sendiri dikembangkan pada tahun 2014 oleh perusahaan asal Newhaven Inggris yaitu Surrey Nanosystems.

Awalnya zat ini dikembangkan sebagai sistem kalibrasi blackbody satelit, namun karena sifat fisiknya sebagai material paling hitam dan optiknya yang unik Vantablack bisa digunakan untuk aplikasi yang lainnya seperti mencegah cahaya yang tidak diinginkan masuk kedalam teleskop serta meningkatkan kinerja kamera infra merah baik di bumi maupun diluar angkasa.

Berikut ini beberapa fakta uniknya yang Raffapedia rangkum dari berbagai sumber yang ada di internet.

1. Mampu menyerap 99,9% cahaya yang melintas dipermukaannya

"1.

Vantablack terbuat dari Carbon Nanotube yang dapat mengubah cahaya menjadi energi panas. Hal inilah yang mebuat Vantablack memiliki kemiripan seperti Black Hole atau lubang hitam di luar angkasa yang mampu menyerap cahaya yang melintas di atas permukaannya, bahkan cahaya laser sekalipun tidak dapat melewatinya.

2. Mampu mengubah tampilan benda 3 dimensi menjadi seperti 2 dimensi

"2.

Seperti yang kamu lihat pada gambar diatas, patung wajah 3 dimensi menjadi terlihat seperti gambar 2 dimensi setelah dilapisi oleh Vantablack, hal ini disebabkan oleh tingkat reflektansi yang rendah sehingga menghasilkan efek optik yang dapat menipu mata manusia.

3. Memiliki sifat Hydrophobic

"3.

Suatu permukaan yang telah dilapisi Vantablack memiliki sifat menolak air atau Hydrophobic, sama halnya seperti air yang mengalir diatas permukaan daun talas, meskipun permukaannya dipenuhi oleh air namun tidak membuatnya menjadi basah.

4. Tidak bisa digunakan secara  sembarangan

"4.

Berbeda dengan cat hitam pada umumnya, Vantablack tidak bisa digunakan secara sembarangan, melainkan harus melewati serangkaian proses yang rumit yang telah dipatenkan dan dilakukan di laboratorium Surrey Nanosystems. Pengaplikasian ke sebuah objek bisa memakan waktu hingga 2 hari.

5. Pernah digunakan dalam olimpiade musim dingin di Korea Selatan

"5.

Pada perhelatan olimpiade musim dingin yang diadakan di Pyeongchang, Korea Selatan, salah satu bangunan hasil karya arsitek Asif Khan dilapisi lapisan Vantablack secara penuh. Tim Surrey Nanosystems sampai harus mengembangkan jenis baru VBx2 untuk dapat mewujudkannya.

6. Terdapat 1 Milyar partikel Carbon Nantotube dalam 1 cm persegi permukaan yang dilapisi oleh Vantablack

"6.

Vantablack diciptakan menggunakan teknologi nano. Masing-masing partikel memiliki ukuran 20 nanometer atau 3500 kali lebih kecil daripada ukuran rambut manusia.

7. Arish Kapoor adalah seniman yang mendapatkan lisensi penggunaan secara khusus

"7.

Seniman asal Inggris ini mengaplikasikan Vantablack pada penunjuk menit jam tangan mewah Sequential One S110 Evo dengan menggunakan versi spray S-VIS. Versi spray ini dapat digunakan pada berbagai macam jenis benda padat lainnya.

Apakah di masa yang akan datang akan ditemukan material yang lebih hitam daripada ini ? Kita tunggu saja.