5 Kereta Api Tercepat Di Dunia Yang Memiliki Kecepatan Diatas 250 Km/Jam

Shanghai Maglev adalah kereta api tercepat di dunia tahun 2020 yang mampu melesat hingga 431 km/jam. Kereta cepat ini mampu menempuh jarak Jakarta – Surabaya sejauh 782 km dengan waktu kurang dari 2 jam.

Dengan semakin bertambahnya tingkat mobilitas masyarakat maka dibutuhkan juga kereta api super cepat yang mampu memangkas waktu perjalanan secara signifikan.

Saat ini beberapa negara di dunia berlomba lomba untuk mengembangkan kereta super cepat ini, lalu kereta api mana saja yang masuk dalam daftar ini ? berikut Raffapedia berikan info menariknya

Daftar Kereta Api Tercepat di Dunia :

Shanghai Maglev

Shanghai maglev

Posisi pertama dalam daftar ini ditempati oleh Shanghai Maglev yang berasal dari China. Kereta ini memiliki kecepatan maksimal 431 km/jam.

Mengapa Shanghai Maglev bisa begitu cepat ? hal ini disebabkan kereta ini menggunakan teknologi levitasi magnet yang berfungsi untuk mengangkat dan mendorong kereta.

Interior kelas bisnis kereta api shanghai maglev

Dengan tidak adanya gaya gesek antara permukaan kereta dan rel maka kecepatan Shanghai Maglev bisa ditingkatkan secara signifikan.

Shanghai Maglev mulai dibangun sejak tahun 2002 dengan menghabiskan biaya sebesar 17,8 Trilyun rupiah untuk panjang lintasan sejauh 30,5 km.

Fuxing Hao CR400AF

Fuxing Hao CR400AF

CR400AF merupakan kereta peluru berkecapatan tinggi yang di desain dan dibuat oleh perusahaan asal China yang bernama CRRC Qingdao Sifang.

Dengan bentuk lokomotifnya yang menyerupai peluru, kereta ini mampu berlari dengan kecepatan maksimal mencapai 494 km/jam.

Desain aerodinamis pada kereta CR400AF ini bertujuan untuk mengurangi gesekan dengan udara sehingga dapat meningkatkan kecepatan kereta.

Ruang masinis CR400AF
Ruang masinis CR400AF. @keretacepat_id

Rencananya Indonesia juga akan memakai kereta cepat CR400AF ini untuk rute tujuan Jakarta – Bandung pada tahun 2021. Tipe yang akan digunakan dalam proyek ini adalah tipe terbaru CR400AF electric multiple unit (EMU).

Interior kereta CR400AF
Interior CR400AF. @keretacepat_id

Untuk rangkaiannya sendiri, kereta ini memiliki 8 gerbong dengan panjang total mencapai 209 meter yang terdiri dari 4 gerbong bermesin dan 4 gerbong yang tidak bermesin.

Daya angkut kereta cepat Jakarta – bandung ini mencapai 556 penumpang untuk sekali perjalanan.

Shinkansen Hayabusa

Shinkansen hayabusha

Hayabusa merupakan kereta Shinkansen tercepat di kategori kategori Tohoku Shinkansen. Kecepatan kereta peluru ini bisa mencapai 320 km/jam saat beroperasi.

Kereta api tercepat di Jepang ini mulai beroperasi pada tahun 2016 dengan rute tujuan Tokyo – Hokkaido yang memiliki panjang lintasan kereta sejauh 823,8 km.

Ciri utama Shinkansen Hayabusa ini adalah desain hidung lokomotifnya yang memanjang 15 meter kedepan, desain ini bertujuan untuk mengurangi gesekan dengan udara.

The Italo AGV 575

The Italo AGV 575

Di posisi ke 4 ini ditempati oleh kereta api asal Italia yang bernama Italo AGV 575. Kereta peluru yang termasuk kedalam jenis EMU ( electric multiple unit ) ini memiliki kecepatan maksimal 300 km/jam.

Italo AGV 575 diproduksi oleh perusahaan Aiston dan dioperasikan oleh NTV (Nuovo Trasporto Viaggiatori).

interior italo agv 575
Interior gerbong penumpang Italo AGV 575

Kereta ini menggunakan mesin elektrik sebagai penggeraknya, dengan menggunakan daya listrik AC sebesar 25 KV 50 hz serta DC 1500 V dan 3000 V.

Untuk spesifikasinya sendiri, kereta ini memiliki panjang gerbong 132 meter ( 7 gerbong ) dengan berat mencapai 272 ton. Dalam sekali jalan, kereta ini dapat mengangkut penumpang sebanyak 460 orang.

Renfe AVE

Renfe AVE

AVE adalah kereta cepat yang dimiliki oleh perusahaan kereta api nasional Spanyol yang bernama Renfe. Kereta ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 300 km/jam.

Satu rangkaian kereta peluru ini terdiri dari 2 gerbong kelas 1, 5 gerbong kelas 2 dan 1 gerbong makan dengan daya angkun penumpang sebanyak 347 orang.

Another Stories

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More