10 Lukisan Paling Mahal Di Dunia Dengan Harga Triliunan Rupiah

6. No. 6 (Violet, Green and Red) – Mark Rothko

Siapa sangka, lukisan yang terlihat simpel dengan gradasi warna violet, hijau dan merah ini terjual dengan harga 186 juta US Dollar pada bulan Agustus 2014.

Lukisan abstrak yang dinamakan No. 6 (Violet, Green, Red) ini merupakan karya dari seorang pelukis Latvia Amerika yang bernama Mark Rothko dan dibuat pada tahun 1951.

7. Pendant portraits of Maerten Soolmans and Oopjen Coppit – Rembrandt

Lukisan Pendant portraits of Maerten Soolmans and Oopjen Coppit ini merupakan sebuah lukisan yang dilukis oleh Rembrandt pada tahun 1634 dengan tujuan untuk merayakan pernikahan antara Maerten dan Oopjen.

Awalnya lukisan ini dimiliki oleh keluarga Rothschild yang kemudian dibeli oleh Louvre Museum dan the Rijksmuseum secara patungan pada tahun 2015 sebesar 180 juta US Dollar.

8. Les Femmes D’Alger – Pablo Picasso

Les Femmes D’Alger atau yang dalam bahasa Inggris berarti Women of Algiers merupakan sebuah lukisan paling terkenal di dunia karya pelukis Spanyol Pablo Picasso.

Lukisan yang dilukis pada tahun 1955 ini merupakan jenis lukisan abstrak yang terinspirasi dari lukisan 1834 karya Eugène Delacroix.

Les Femmes D’Alger yang terdiri dari 15 versi lukisan berhasil terjual dengan harga fantastis yaitu sebesar 197,4 juta US Dollar.

9. Nu couché – Amedeo Modigliani

Salah satu lukisan kontroversial karya pelukis Italia Amedeo Modigliani ini berhasil menjadi salah satu lukisan bernilai jual paling tinggi di dunia yaitu sebesar 157,2 juta US Dollar.

Lukisan yang menampilkan wanita tidak berbusana ini berhasil terjual dalam sebuah lelang yang dilakukan di rumah lelang Sotheby’s New York.

10. No. 5, 1948 – Jackson Pollock

Lukisan tak berbentuk ini berhasil terjual pada angka 140 juta US Dollar pada tahun 2006 oleh seorang kolektor seni yang tidak diketahui identitasnya.

Berbeda dari lukisan lainnya, No 5 1948 dilukis pada media fiber board berukuran 2,4 x 1,2 meter oleh pelukis Amerika Jackson Pollock pada tahun 1948.

Another Stories