Bukan Cheetah, Inilah Daftar 10 Hewan Tercepat Di Dunia

Kecepatan adalah senjata utama mereka dalam memburu mangsanya

Setiap hewan yang ada di dunia ini diciptakan dengan kelebihanya masing masing. Ada hewan yang memiliki ukuran besar, ada yang memiliki racun sebagai pertahanannya, ada yang sangat lambat dalam berjalan dan ada juga hewan yang sangat cepat dalam berlari, terbang ataupun berenang.

Berbicara soal kecepatan, ternyata Cheetah tidak menempati posisi pertama dalam daftar ini. Cheetah memang menjadi yang tercepat di darat, tapi tidak didunia. Lalu hewan apa saja yang masuk dalam daftar ini ? berikut Raffapedia berikan info lengkapnya.

10 Hewan Tercepat Di Dunia :

1. Peregrine Falcon

1. Peregrine Falcon

Peregrine Falcon merupakan burung tercepat di dunia yang mampu terbang dengan dengan kecepatan 321,8 kilometer per jam.

Burung yang memiliki nama latin Falco Peregrinus ini termasuk hewan Karnivora dengan mangsa utamanya kelelawar dan jenis burung lainnya.

Berat burung Peregrine Falcon bisa mencapai 1 kilogram dengan panjang tubuh 35 – 48 centimeter serta lebar sayap hingga 1 meter.

Fakta unik dari burung ini adalah mereka sanggup terbang sejauh 24 ribu kilometer dalam setahun.

Karena kecepatannya yang hampir mendekati rekor tercepat F1 dan Moto GP itulah burung Peregrine Falcon juga dinobatkan sebagai hewan tercepat di dunia.

2. Burung Fregat

2. Burung Frigate

Burung Fregat mampu terbang dengan kecepatan maksimal 153 km per jam. Bobot tubuh burung ini mencapai 1,4 kg, serta panjang tubuh 100 cm dan lebaran sayapnya mencapai 2,3 meter.

Burung ini dapat kamu temukan di wilayah Amerika bagian Selatan, Meksiko dan Karibia dengan habitat utamanya berada di perairan.

Hal unik dari burung yang makanan utamanya ikan ini adalah mampu terbang non stop selama 1 minggu.

3. Ikan Sail

3. Sail Fish

Ikan sail adalah ikan tercepat di dunia. Ikan yang mirip dengan ikan Marlin ini mampu berenang dengan kecepatan maksimal 109 km perjam.

Ukuran ikan ini bisa mencapai 3,3 meter dengan berat 100 kilogram. Dengan ukurannya yang besar tersebut, ikan ini menjadi favorit para pemancing.

Ikan yang dapat hidup hingga 4 tahun ini memiliki mangsa utama berupa ikan Sarden dan Teri.

4. Cheetah

4. Cheetah

Cheetah merupakan pelari paling cepat di daratan. Mamalia tercepat ini sanggup berlari dengan kecepatan 100 km per jam.

Fakta unik dari kucing besar ini adalah mampu berakselerasi dari kecepatan 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 3 detik.

Cheetah dewasa memiliki berat tubuh hingga 72 kg dengan tinggi mencapai 90 cm. Mangsa utama predator tercepat ini adalah Antelop, Dik Dik, Impala dan Gazelle.

Hewan yang masuk dalam daftar hewan dilindungi dan hampir punah ini hanya memiliki populasi sebesar 10 ribu diseluruh dunia.

5. Antelope Tanduk Bercabang

5. Pronghorn Antelope

Di daftar ke 5 hewan paling cepat di dunia ini ditempati oleh Antelop. Hewan unik yang memiliki tanduk bercabang ini mampu berlali dengan kecepatan 98 km perjam.

Kecepatan yang dimilikinya ini berguna untuk menhindari kejaran para predator yang akan memangsanya.

Mamalia darat ini dapat kamu temukan di wilayah Amerika Barat, Utara dan Tengah.

Fakta unik dari hewan ini adalah memiliki jari kaki yang panjang serta empuk untuk meredam goncangan ketika sedang berlari.

6. Wildebeest Biru

6. Blue Wildebeest

Wildebeest biru memiliki kecepatan berlari sejauh 80 km perjam. Bagi kamu yang suka menonton Nat Geo Wild tentu tidak asing dengan hewan yang sering dimangsa oleh buaya ini.

Blue Wildebeest berasal dari benua Afrika, dengan padang rumput sebagai habitat hidupnya.

Hewan ini terkenal dengan migrasi tahunnya yang bisa mencapai 2 juta ekor Wildebeest. Predator utama hewan ini adalah Singa, Leopard dan Hyena.

7. Singa

6. Singa

Ini dia si raja hutan ! Singa. Hewan predator yang berada di atas rantai makanan ini dapat berlari dengan kecepatan maksimal 80 km per jam dalam jarak yang dekat.

Hewan yang dijadikan film animasi The Lion King ini memiliki berat 190 kg untuk yang berjenis jantan, dan 130 kg untuk yang berjenis betina.

Biasanya Singa hidup secara berkelompok, dalam 1 kelompoknya bisa berjumlah 30 ekor dan dipimpin oleh 1 singa jantan dewasa.

Hewan yang terkenal dengan aumanyya ini memiliki mangsa utama berupa Zebra, Kerbau bahkan Jerapah.

8. Thomson’s Gazelle

8. Thomson Gazelle

Thomson’s gazelle memiliki kecepatan berlari sejauh 80 km/jam. Hal yang istimewa dari hewan yang memiliki nama latin Eudorcas thomsonii mampu berlari kencang secara zig zag untuk mengecoh predator yang mengejarnya.

Nama hewan mamalia ini diambil dari nama penemunya, yaitu Joseph Thomson yang berasal dari Nggris.

Hewan yang kadang dimangsa ular Piton ini dapat tumbuh hingga mencapai berat 74 kg dan tinggi 1meter.

9. Kelinci Cokelat

9. Kelinci Cokelat

Brown Hare atau dalam bahasa Indonesia berarti Kelinci Cokelat mampu berlari dengan kecepatan maksimal 72 kilometer perjam.

Predator utama kelinci cokelat ini diantaranya adalah rubah dan juga burung elang.

Hewan yang memiliki nama lain European hare ini mampu hidup hingga 4 tahun dengan berat mencapai 5 kg dan panjang 70 cm.

10. Rusa

10. Elk

Di daftar terakhir hewan paling cepat di dunia ini ditempati oleh Rusa. Meskipun berat badannya dapat mencapai 330 kg, rusa mampu berlari dengan kecepatan maksimal 70 km per jam.

Info menarik dari rusa ini adalah mamalia terbesar yang ada di Amerika Utara dan Asia Timur.

Artikel Terkait