Selain Kopi Luwak, Inilah 10 Kopi Paling Mahal Di Dunia

Saat ini kopi menjadi salah satu minuman yang paling banyak diminum di dunia. Warna hitamnya yang pekat, aromanya yang khas serta rasanya yang nikmat menjadikan kopi sebagai minuman penambah energi favorit  di dunia.

Tiap tahunnya jumlah peminum kopi terus bertambah, menurut data International Coffee Organization (ICO), Finlandia menempati urutan teratas sebagai negara dengan jumlah peminum kopi terbanyak di dunia dengan total 12 kilogram per kapita per tahun, disusul dengan Norwegia dan Islandia.

Bagaimana dengan jumlah peminum kopi di Indonesia ? Pada tahun 2018 jumlah konsumsi kopi di Indonesia mencapai 0,9 kilogram per kapita per tahun.

Daftar 10 Kopi Termahal di Dunia :

1. Kopi Black Ivory

1. kopi termahal black ivory

Harga : 28 juta rupiah perkilogram

Black Ivory adalah kopi dengan harga paling mahal di dunia untuk tahun 2019 ini. Harga tertinggi untuk untuk 1 kilogram kopi ini bisa mencapai 28 juta rupiah.

Kopi yang memiliki jenis Arabica ini berasal dari Thailand yang diproduksi oleh perusahaan kopi Black Ivory yang ada di wilayah Utara Thailand.

Fakta unik dari kopi Black Ivory adalah proses pembuatannya yang mirip dengan kopi Luwak. Bedanya, Black Ivory ini menggunakan gajah dalam proses pembuatannya,  sehingga kopi ini bisa dibilang sebagai “kopi kotoran gajah”.

1. kopi black ivory 5

Proses awal pembuatan kopi ini adalah dengan menambahkan biji kopi kedalam buah buahan yang akan dijadikan sebagai bahan makanan untuk gajah.

Di dalam perut gajah, biji kopi Arabica Thailand yang tumbuh diketinggian 1.524 mdpl ini akan dicerna selama 15 hingga 70 jam.

Enzim yang terdapat pada saluran pencernaan gajah akan memecah protein yang terkandung dalam biji kopi. Proses pemecahan protein inilah yang bertanggung jawab atas tekstur serta rasa yang dihasilkan dari biji kopi tersebut.

Setelah biji kopi keluar bersama dengan kotoran gajah, para pekerja akan langsung biji kopi yang bisa di ekstrak dari kotoran tersebut. Setelah terkumpul, biji kopi akan melalui proses pembersihan dan pengeringan terlebih dahulu sebelum memasuki tahap berikutnya ( roasting ).

Usut punya usut, ternyata ide awal pembuatan kopi yang katanya paling enak di dunia ini berasal dari seorang pria Kanada yang bernama Blake Dinkin.

FYI, selama tahun 2017 lalu, Blake Dinkin hanya bisa memproduksi sekitar 150 kilogram biji kopi Black Ivory, dan hal inilah yang membuat harga kopi ini menjadi yang paling mahal di dunia.

Untuk kamu yang ingin mencicipi keunikan kopi ini, kamu bisa membelinya secara online di situs ini seharga 1,2 juta rupiah untuk 1 pak berukuran 35 gram.

Kamu juga bisa menemukan kopi premium ini di beberapa hotel berbintang serta restoran mewah yang ada di kawasan Asia, namun tidak termasuk Indonesia. Tertarik mencobanya ?

2. Kopi Finca El Injerto

Harga : 6,7 juta rupiah perkilogram

Finca El Injerto merupakan kopi Arabica dengan jenis biji kopi langka Bourbon yang tumbuh subur di ketinggian 1.500 hingga 1.900 mdpl.

Kopi berjenis Arabica ini diproduksi oleh sebuah perkebunan kopi El Injerto yang berlokasi di Guatemala. Kata “Injerto” berasal dari nama buah asli lokal yang tumbuh disekitar perkebunan kopi tersebut.

Terletak di Dataran Tinggi Huehuetenango, perkebunan kopi El Injerto sudah ada sejak tahun 1874.

Perkebunan kopi ini memiliki jenis tanah non vulkanik yang kaya akan mineral dengan curah hujan mencapai 1600 milimeter per tahun yang membuatnya sangat cocok untuk menghasilkan biji kopi berkualitas tinggi.

Selain Bourbon, terdapat juga 8 jenis biji kopi lainnya yang dihasilkan oleh perkebunan kopi El Injerto, beberapa diantaranya adalah :

  • Red Catuai
  • Pacamara
  • Catuai Amarelo
  • Maragogype
  • Geishas Panama
  • Geisha Malawi
  • SL 28
  • Mocca

Kopi termahal nomer 3 di dunia ini diproses secara khusus mulai dari pemetikan, pengeringan, hingga proses roastingnya.

2. kopi Finca El Injerto 4

Yang membuat kopi Finca El Injerti ini spesial adalah proses roastingnya yang menggunakan mesin roaster kopi berkualitas tinggi Diedrich IR-24 yang dilengkapi pembakar infrared.

3. Kopi Geisha Hacienda La Esmeralda

3. kopi Hacienda La Esmeralda

Harga : 4,4 juta rupiah perkilogram

Kopi Geisha Hacienda La Esmeralda berasal dari wilayah Boquete panama dan diproduksi oleh salah satu perkebunan kopi paling terkenal di dunia, Hacienda La Esmeralda.

Biji kopi geisha terkenal dengan dengan ciri aromanya yang khas beraroma bunga serta tingkat keasaman yang lembut.

3. kopi Hacienda La Esmeralda 1

Fakta unik dari kopi geisha ini adalah pernah memecahkan rekor sebagai kopi termahal di Panama pada acara lelang yang diadakan tahun 2007 dengan harga tertinggi mencapai 4 juta rupiah untuk 1 kilogramnya.

4. Kopi Luwak

4. kopi Luwak

Harga : 2,2 juta rupiah perkilogram

Kopi luwak merupakan kopi asli Indonesia yang proses pembuatannya sangat unik dan bisa dibilang menjijikkan.

Proses awal pembuatan kopi termahal di Indonesia ini adalah dengan menjadikan buah kopi yang telah matang sebagai bahan makanan luwak.

Buah kopi yang telah termakan oleh luwak akan melalui proses pencernaan yang kurang sempurna, yakni hanya bagian kulit dan daging buahnya saja yang tercerna, sedangkan bagian biji kopinya tidak tercerna dan akan mengalami proses fermentasi.

4. kopi Luwak 1

Biji kopi yang tidak tercerna secara sempurna tersebut akan keluar secara bersamaan dengan kotoran luwak. Biji kopi yang berhasil dipisahkan dari feses luwak tersebut selanjutnya akan mengalami proses pembersihan dan pemanggangan.

Untuk proses roastingnya sendiri, kopi luwak ini mengalami proses roasting ( pemanggangan ) tingkat medium, hal ini bertujuan untuk menjaga karakteristik rasanya yang khas dan unik.

Kopi yang termasuk kedalam kopi paling enak di Indonesia ini bisa kamu beli dengan harga 70 ribu rupiah untuk satu cangkirnya.

5. Saint Helena

5. kopi Saint Helena

Harga : 2,1 juta perkilogram

kopi yang diberi nama Saint Helena ini dihasilkan di pulau kecil yang ada di wilayah Selatan Samudera Pasifik. Fakta unik dari kopi ini adalah tempat produksinya yang menjadi tempat singgah Napoleon Bonaparte.

Bahkan, terdapat quote terkenal dari Napoleon Bonaparte yang berbunyi “The only good thing about St Helena is the coffee” ( satu satunya yang terbaik di Saint Helena adalah kopinya )

Kualitas kopi ini tergolong premium dengan rasanya yang nikmat dengan perpaduan aroma jeruk, madu dan buah beri yang menjadikan kopi ini menjadi salah satu kopi dengan harga termahal di dunia.

6. Jamaican Blue Mountain

6. kopi Jamaican Blue Mountain

Harga : 1,7 juta rupiah perkilogram

Kopi Jamaican Blue Mountain tergolong kopi yang langka di dunia. Kopi ini di produksi di wilayah Blue Mountain, Jamaika yang terletak di antara Kingston dan Port Antonio yang memi

Biji kopi ditanam pada ketinggian 7500 kaki yang memiliki curah hujan tinggi sehingga biji kopi yang dihasilkan memiliki kualitas yang tinggi.

Hal yang membuat kopi ini mahal diantaranya buah kopi ini memerlukan waktu matang lebih lama dibandingkan jenis buah kopi lainnya, serta proses panen hingga produksi masih dilakukan secara tradisional dan handmade.

Fakta unik dari kopi ini adalah 80% hasil produksi kopi Jamaican Blue Mountain ini diekspor ke Jepang, sedangkan 20% sisanya diekspor keseluruh dunia.

7. Kopi Fazenda Santa Ines

7. kopi Fazenda Santa Ines

Harga : 675 ribu rupiah perkilogram

Kopi Fazenda Santa Ines berasal dari pegunungan Mantiquera yang berada di wilayah Minas Gerais, Brazil.

Ciri khas kopi ini adalah memiliki aroma buah yang menyegarkan seperti Cokelat, kacang Praline dan raspberry dengan tingkat keasaman yang rendah.

Kopi berjenis Bourbon kuning ini diproses secara alami dengan menjemur biji kopi hingga kering diatas teras yang disinari matahari.

8. Starbucks Quadriginoctuple Frap

8. Starbucks Quadriginoctuple Frap

Harga : 638 ribu rupiah per cup

Siapa yang tidak kenal Starbucks ? Gerai minuman kopi ini menawarkan 1 cup kopi yang termasuk dalam kopi paling mahal di dunia.

Diproduksi dalam jumlah yang terbatas, kopi ini memiliki beberapa kombinasi bahan seperti Java Chip Frappuccino dalam 1 cangkir Trenta, 16 shot espresso, satu shot susu kedelai, bumbu karamel, pisang, strawberry, kacang vanili, bubuk matcha, bubuk protein, dan bubuk karamel dan moka

Sayangnya, Starbucks Quadriginoctuple Frap tidak dijual di Indonesia.

9. Los Planes

9. kopi Los Planes

Harga : 1 juta rupiah perkilogram

Kopi Lost Planes dibudidayakan oleh Ramon de Jesus  di sebuah perkebunan kopi di wilayah Gede Zone  yang memiliki ketinggian 1800 mdpl.

Kopi yang dipanggang pada level medium ini memiliki aroma rasa buah apel, cokelat, peach dan butterscotch.

Kopi Los Planes ini digolongkan sebagai salah satu kopi terbaik yang berasal dari Selatan Ethiopia.

10. Hawaiian Kona

10. kopi Hawaiian Kona

Harga : 900 ribu rupiah perkilogram

Kopi Kona merupakan jenis kopi arabica yang dihasilkan di lereng Hualalai dan Mauna Loa di Distrik Kona Utara dan Selatan Hawaii.

Tanahnya yang kaya akan mineral membuat tanaman kopi tumbuh subur di wilayah ini.

Kopi ini tergolong kopi langka yang berharga mahal, sehingga sulit untuk menemukan kopi kona yang 100% original.

Kebanyakan kopi Kona yang dijual merupakan campuran antara kopi Kone dengan jenis kopi Kolumbia maupun Brazil engan komposisi kopi Kona sebanyak 10% dan sisanya jenis kopi yang lebih murah.