10 Teh Termahal Di Dunia, Harga 1 Kilogramnya Mencapai 17 Miliar Rupiah

Teh merupakan salah satu minuman terpopuler di dunia yang terbuat dari daun teh yang dikeringkan.

Tiap harinya, jutaan orang di dunia meminum teh. Di tahun 2019, konsumsi teh dunia diperkirakan mencapai angka 281 juta liter.

Negara Turki, China, Jepang, Inggris dan Indonesia merupakan beberapa negara dengan jumlah peminum teh terbanyak di dunia.

Beberapa jenis teh yang banyak beredar di pasaran diantaranya adalah teh hijau, teh hitam, teh oolong dan teh putih.

Semakin tinggi kualitas teh yang dihasilkan maka akan semakin mahal pula harga jualnya.

Selain kualitas, faktor lain yang menentukan harga sebuah teh adalah kelangkaannya, semakin langka dan susah didapat maka harga teh tersebut akan semakin mahal.

Saat ini harga tertinggi untuk 1 kilogram daun teh bisa mencapai 1,2 juta dollar, atau jika dirupiahkan senilai 16,9 miliar rupiah.

Daftar Teh Termahal Di Dunia :

1. Da Hong Pao – 16,9 Milyar Rupiah

teh termahal di dunia da hong pao tea

Gelar teh termahal di dunia dipegang oleh Da Hong Pao yang berasal dari pegunungan Wuyi di China. Harga 1 kilogram daun teh Da Hong Pao mencapai 16,9 miliar rupiah. Harganya yang sangat fantastis ini dikarenakan teh ini sangat sulit diperoleh dan termasuk kedalam daftar teh terlangka di dunia.

Untuk jenis daun teh Da Hong Pao yang sangat langka diperoleh dari pohon teh induk yang tumbuh liar selama ratusan tahun di bebatuan curam Tianxin gunung Wuyin yang terletak provinsi Fujian, China.

Menurut master teh Xiangning Wu kepada BBC Travel, saat ini sudah tidak ada lagi “pohon teh asli” yang masih tersisa, karena daun teh langka yang terakhir telah dipanen pada tahun 2005.

Teh legendaris ini memiliki ciri khas berupa daunnya yang besar, berwarna cokelat gelap serta beraroma harum dan manis, memiliki rasa yang lembut serta elegan.

Da Hong pao yang juga berarti jubah merah yang besar, disajikan khusus untuk menyambut tamu kehormatan pemerintah China.

2. PG Tips Diamond Tea Bag – 210 Juta Rupiah

PG Tips Diamond Tea Bag

PG Tips merupakan salah satu merk teh yang ada di Inggris.

Pada tahun 2005, sebuah grup desainer perhiasan mewah asal Inggris yang bernama Boodles menciptakan sebuah kantong teh celup yang bertaburkan 280 berlian 2,56 karat.

Kantong teh celup termahal di dunia ini sengaja dibuat untuk merayakan ulang tahun PG Tips yang ke 75.

Daun teh yang digunakan pun tidak sembarangan, yaitu Silver Tips Imperial yang diproduksi oleh Makaibari Tea Estate yang berada di wilayah Darjeeling India.

Harga untuk 1 kantong teh PG Tips yang bertabur berlian ini mencapai 210 juta rupiah yang dijual melalui proses lelang. Hasil lelangnya sendiri digunakan untuk membantu rumah sakit anak Royal Manchester.

3. Panda Dung – 982 Juta Rupiah

panda dung tea

Di daftar ke 3 teh termahal di dunia ini terdapat teh kotoran panda. Teh ini berjenis teh hijau yang dibudidayakan di pegunungan Ya’an provinsi Sichuan, China.

berbeda dengan kopi luwak, teh kotoran panda ini dihasilkan dengan cara menjadikan kotoran panda sebagai pupuk tanaman teh.

Kotoran panda yang kaya akan serat nutrisi dipercaya akan memberikan khasiat yang bermanfaat bagi tanaman teh.

Harga 1 kilogram teh panda ini bisa mencapai hingga 982 juta rupiah.

Menurut penemu ide teh kotoran panda ini An Yashi, peminum teh ini akan merasakan rasa teh yang “matang dan gila”.

Sejak tahun 2011, An Yashi telah mengumpulkan kotoran panda seberat 10 ton yang akan digunakan sebagai pupuk tanaman teh.

4. Shui Hsien – 91 Juta Rupiah

Narcissus Wuyi Oolong Tea

Shui Hsien atau Narcissus merupakan teh berjenis oolong yang dipetik dari pegunungan Wuyi yang terletak di provinsi Fujian China.

Berbeda dari Da Hong Pao, teh Oolong Shui Hsien ini sangatlah umum dijumpai di daerah tersebut.

Daun teh Shui Hsien memiliki warna yang gelap dengan texture daun yang keriting serta berukuran lebih panjang dibandingkan dengan jenis teh oolong lainnya.

Daun tehnya sendiri telah melalui proses oksidasi sebesar 40 hingga 60 persen yang membuatnya kaya akan kandungan antioksidan yang berkhasiat untuk menurunkan berat badan serta memperlambat proses penuaan.

Untuk harganya sendiri, grade premium teh Shui Hsien atau Narcissus ini bia mencapai 91 juta rupiah perkilogramnya.

5. Yellow Gold – 91 Juta Rupiah

Yellow Gold tea

 

Yellow Gold Tea diproduksi oleh perusahaan teh TWG yang berlokasi di Singapura. Yang spesial dari teh yang berwarna keemasan ini adalah berasal dari pucuk daun teh yang dipetik hanya sekali tiap tahunnya menggunakan pemetik teh yang terbuat dari emas.

Proses selanjutnya menjemur daun teh tersebut dalam wadah tertutup yang bertujuan untuk menghilangkan zat polifenol yang terkandung dalam daun teh, memberikan warna kekuningan pada teh tersebut serta memberikan rasa yang harum dan lembut.

Tidak selesai sampai disitu, proses selanjutnya adalah menyemprotkan emas 24 karat ke permukaan daun teh tersebut. Proses ini bukan bertujuan untuk memberi kesan mewah pada teh ini, melainkan untuk memberi tambahan nutrisi.

Yellow Gold Tea Buds ini memiliki harga hingga 91 juta rupiah untuk 1 kilogramnya.

6. Tieguanyin – 91 Juta Rupiah

Tieguanyin tea

Sama seperti yellow gold tea, Tieguanyin tea ini juga memiliki harga hingga 91 juta rupiah.

Teh Tieguanyin ini termasuk kedalam jenis teh Oolong yang memiliki kualitas premium yang berasal dari abad ke 19.

Teh ini dipetik dari pegunungan yang berada di wilayah Anxi, provinsi Fujian China yang memang terkenal sebagai daerah penghasil teh yang berkualitas.

Sebelum dikonsumsi, daun teh Tieguanyin harus melalui beberapa tahapan proses pengolahan, diantaranya penjemuran, oksidasi, fiksasi, pendinginan dan pengeringan.

Teh Tieguanyin yang juga berarti “Iron Goddess of Mercy Tea” memiliki beberapa jenis varieats, diantaranya Anxi Tieguanyin dan juga Muzha Tieguanyin.

7. Poo Poo Puerh – 14 Juta Rupiah

Poo Poo Puerh tea

Yang membuat teh Poo Poo Puerh ini spesial dan berbeda dari teh lainnya adalah teh ini berasal dari kotoran serangga yang sengaja diberi makan daun teh oleh peternaknya. Serangga yang biasa digunakan untuk membuat teh ini adalah ngengat.

Sebelum diminum, daun teh ini telah melalui proses fermentasi terlebih dahulu. Di dalam teh Poo Poo Puerh ini terkandung zat antioksidan dan asam amino yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Untuk harganya sendiri, teh yang berasal dari wilayah provinsi Yunnan China ini memiliki harga hingga 14 juta rupiah perkilogramnya.

8. Gyokuro – 9 Juta Rupiah

Gyokuro tea

Teh Gyokuro merupakan salah satu teh hijau berkualitas tinggi di Jepang. Karena kualitasnya yang tinggi ini, maka tidak heran kalau teh ini juga menjadi salah satu teh termahal di Jepang.

Daun teh Gyokuro ini memiliki warna hijau yang pekat, dan ketika diseduh akan mengeluarkan aroma rumput laut yang manis dan menyegarkan.

Yang unik dari teh ini adalah metode penanamannya, yaitu 20 hari sebelum proses pemetikan, daun teh terlebih dahulu ditutup menggunakan jaring penutup sehingga tanaman hanya menerima sinar matahari sebanyak 10 hingga 30%.

Proses penutupan ini bertujuan untuk meningkatkan klorofil serta mengurangi kandungan zat tanin pada daun teh.

Teh Gyokuro yang dikenal juga sebagai Jade Dew atau Pearl Dew ini berasal dari wilayah Uji dan dipetik pada awal musim semi antara bulan April hingga Mei untuk mendapatkan teh dengan kualitas yang terbaik.

9. Gorreana Broken Leaf Black – 5,6 Juta Rupiah

Gorreana Broken Leaf Black tea

Broken Leaf Black Tea dihasilkan dari perkebunan teh Gorreana. Perkebunan teh ini merupakan perkebunan teh tertua di Eropa yang berdiri sejak tahun 1883 dan masih beroperasi hingga sekarang.

Teh ini dihasilkan dari daun ketiga yang ada pada cabang tanaman teh, memiliki warna cokelat tembaga serta beraroma buah.

Teh ini juga memiliki kandungan kafein yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan jenis teh Gorreana lainnya.

10. Silver Tips Imperial – 5,5 Juta Rupiah

silver tips imperial tea

Teh Silver Tips Imperial dipetik dari perkebunan teh tertua Darjeeling 87 yang ada di wilayah Makaibari India.

Teh yang mendapat julukan “Champagne of tea” atau dalam bahasa Indonesia berarti sampanyenya teh dipanen pada malam bulan purnama yang cerah antara bulan Maret hingga Oktober disaat posisi planet di tata surya berjajar lurus.

Meskipun bukan teh yang paling mahal tdi dunia, Silver Tips Imperial tea merupakan teh termahal di India. Untuk 1 kilogram teh ini bisa dibeli dengan harga 5,5 juta rupiah.

Yang unik dari proses panen daun tehnya adalah panennya yang dilakukan sebelum matahari terbit yang bertujuan untuk menjaga aroma dan kualitas tehnya. Selain itu juga, dilakukan sebuah ritual upacara yang diadakan pada saat senja selama proses pemetikan daun teh berlangsung.

Artikel Terkait